Jakarta, Indonesia | Tuesday, 22-05-2018

NEWS UPDATE

Abbas Tolak Peran AS Dalam Perdamaian Palestina

RWS | Selasa,13 Feb 2018 - 06:47:15 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas (kanan)/ foto ist

CityPost – Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa pihaknya saat ini tidak lagi menerima dan menolak keberadaan Amerika Serikat dalam perannya sebagai mediator perdamaian antara Israel dan Palestina.

Penolakan tersebut menurut kantor berita Interfax dikarenakan sikap Washington yang tidak sesuai dengan kemauan dari negara-negara Timur Tengah.

“Kami menyatakan bahwa mulai sekarang kami menolak untuk bekerja sama dalam bentuk apapun dengan Amerika Serikat, dalam status mediatornya, saat kami menentang tindakannya,” ujar Abbas kepada Putin pada saat perundingan yang digelar di Moskow.

Abbas sendiri mengaku saat ini dia menginginkan sebuah mekanisme mediasi baru yang diperluas untuk menggantikan kuartet Timur Tengah.

“Misalnya, kuartet ditambah beberapa negara lain seperti model yang digunakan untuk mencapai kesepakatan mengenai Iran,” tegas Abbas.

Sementara itu, sikap Amerika Serikat sendiri melalui Presidennya Donald Trump dianggap telah membalikkan dekade kebijakan AS dengan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan menggerakkan proses perpindahan kedutaan besar mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem. Hal itulah yang dianggap memicu kemarahan Abbas dan sekutunya. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar