Jakarta, Indonesia | Monday, 20-08-2018

NEWS UPDATE

Ambulans VIP Seharga Rp 2 Miliar Fasilitasi Asian Games 2018

FAN | Rabu,08 Agus 2018 - 13:57:49 WIB

Ambulans Seharga Rp 2 Miliar yang berfungsi seperti mini ICU dipamerkan ketika apel siaga tim kesehatan Asian Games di lapangan IRTI Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (8/8/18).foto.ist

Jakarta, CityPost - Kementerian Kesehatan RI menyiapkan 25 unit mobil ambulans yang dilengkapi sejumlah fasilitas layaknya ICU mini untuk mendukung Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Ambulans ini dipamerkan ketika apel siaga tim kesehatan Asian Games di lapangan IRTI Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (8/8). 

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengatkan, ambulance tersebut harganya Rp 2 miliar per unit ,berbeda dari mobil ambulans biasa karena memiliki dimensi yang lebih tinggi dan panjang.

Mobil ambulans tersebut memiliki basis mobil van Sprinter keluaran pabrikan Mercedes Benz, terdapat sejumlah fasilitas pendukung di dalamnya seperti tabung oksigen, kursi dokter dan perawat, alat bantu pernafasan darurat (ventilator), alat usung pasien (stretcher), dan stimulator detak jantung (defibrilator).
Ambulans ini juga memiliki atap yang lebih tinggi sehingga memudahkan pergerakan di dalam dan dimensi yang lebih panjang daripada mobil ambulans pada umumnya di Indonesia.

"Yang penting pada waktu kejadian di dalam ambulans bisa dilakukan pertolongan yang diperlukan. Kemudian waktu sampai di rumah sakit bisa dilakukan pengelolaan sesuai kebutuhan dan kondisi pasien," kata Bambang di Jakarta, Rabu (8/8/18) saat meninjau fasilitas ambulans VIP yang akan digunakan untuk mendukung Asian Games 2018. 

Bambang merinci, sebanyak 20 unit ambulnas ini akan disiagakan di Jakarta dan Jawa Barat sementara lima lainnya di Palembang untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018. Sebanyak 1.805 tenaga kesehatan terlatih yang terdiri dari sekitar 400 dokter, sisanya perawat serta fisioterapis juga dikerahkan untuk memberikan berbagai pelayanan kesehatan kepada kontingen dan atlet selama perhelatan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang.

"Setelah Asian Games dan Para Games usai, Kemenkes akan mendistribusikan ambulans tersebut ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan," ujarnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar