Jakarta, Indonesia | Wednesday, 24-10-2018

NEWS UPDATE

AS Buat Cina Geram Dengan Pembukaan Kedubes AS Di Taiwan

RWS | Rabu,13 Jun 2018 - 23:13:04 WIB

Momen pembukaan fasilitas mutakhir yang difungsikan sebagai Kedutaan de facto Washington di Taiwan/foto ist

CityPost – Pemerintah Amerika Serikat saat ini disebutkan tengah membuka fasilitas mutakhir yang difungsikan sebagai Kedutaan de facto Washington di Taiwan. Pembukaan fasilitas itu diresmikan oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Asisten Menteri Luar Negeri AS Marie Royce dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Peresmian yang dilakukan pada Selasa (12/6) lalu dikabarkan tengah menghabiskan anggaran sebesar 256 juta dollar dan dibuka di Taipei untuk melayani kepentingan Amerika ditengah ketiadaan hubungan diplomatik resmi dengan pihak Taiwan.

Hal inilah yang ditengarai tengah memicu kemarahan pihak Beijing. Melalui Juru Bicara Departemen Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan bahwa China telah mengajukan protes keras atas hal itu kepada pihak Washington.

Menurut Geng, kementerian luar negeri China tengah mendesak AS untuk bisa menjunjung tinggi kebijakan Satu China dan menghindari tindakan yang merusak hubungan China dan Amerika Serikat, khususnya untuk perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar