Jakarta, Indonesia | Sunday, 16-12-2018

NEWS UPDATE

AS Kembali Ancam Keluar Dari INF

RWS | Kamis,06 Des 2018 - 13:20:13 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Donald Trump (kanan)/ foto ist

CityPost – Persiteruan antara Amerika Serikat dan Rusia terkait perjanjian nuklir INF terus bergulir. Saat ini Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa AS akan menarik diri dari perjanjian nuklir yang disepakati diera Perang Dingin.

Kendati demikian, disebutkan AS akan mengurungkan niat tersebut jika Rusia mau mematuhi kembali perjanjian  INF. Hal itu disampaikannya melalui pertemuan tingkat tinggi menteri-menteri luar negeri NATO di Brussels.

Pompeo mengatakan AS nantinya juga akan keluar dari perjanjian dan lembaga multilateral yang tidak bisa memperkuat keamanan nasional dan kepentingan kedaulatan negara Amerika Serikat.

Mike Pompeo saat ini tengah membuat pengumuman terkait Rusia usai bertemu dengan menteri-menteri luar negeri dari NATO di Brussels, Belgia.

“Amerika hari ini menyatakan mendapati Rusia melanggar materi perjanjian dan karenanya akan menangguhkan kewajiban kami dalam 60 hari, kecuali bila Rusia kembali memathui sepenuhnya dan bisa diverifikasi. Kami mengambil langkah-langkah ini karena beberapa alasan. Pertama, tindakan Rusia secara serius menggerogoti keamanan nasional Amerika dan sekutu serta mitra-mitra kami,” terang Pompeo.

Rusia sendiri hingga kini masih membantah semua tudingan AS, khususnya terkait Intermediate Range Nuclear Forces Treaty (INF). Namun, seiring dengan hal itu, Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa aliansi itu sangat prihatin dengan adanya rudal baru Rusia, NATO lalu menghimbau agar negara itu bisa mematuhi Perjanjian INF. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar