Jakarta, Indonesia | Wednesday, 25-04-2018

NEWS UPDATE

AS Nyatakan Serangan Mereka Memiliki Dasar

RWS | Senin,16 Apr 2018 - 15:45:14 WIB

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley/ foto ist - Nikki Twitter

CityPost – Serangan rudal yang dilancarkan pihak Amerika Serikat, Inggris dan Perancis disebut sebagai upaya yang sah dan beralasan. Alasan ini dikemukakan oleh Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley saat merespon tudingan pihak Rusia.

“Inggris, Perancis dan Amerika bertindak, bukan sebagai pembalasan, bukan sebagai penghukuman, bukan sebagai pameran kekuatan simbolis. Kami bertindak untuk mencegah penggunaan senjata kimia dimasa depan dan menuntut pertanggungjawaban rezim Suriah atas kekejamannya terhadap kemanusiaan,” ujar Haley dalam forum Dewan Keamanan PBB.

Diketahui, sebelumnya pihak koalisi Amerika tengah melancarkan serangan terhadap Suriah dengan menembakkan 105 rudal untuk menghancurkan sarana senjata kimia milik Suriah. Hal itu tetap dilakukan kendari pemerintah Suriah telah berulang kali membantah adanya penggunaan senjata kimia pada warganya.

Pemerintah Suriah menyebutkan serangan yang dilakukan pada 7 April lalu di Douma dekat Damaskus merupakan ulah teroris dengan bantuan badan intelejen asing.

Haley sendiri dalam forum DK PBB menyebutkan bahwa serangan yang dilancarkan Amerika, Inggris dan Perancis telah berhasil melumpuhkan program senjata kimia milik Suriah.

Sementara itu, pihak perwakilan Moskow dalam forum menyatakan bahwa kekuatan itu dilakukan sebelum mengijinkan misi pencarian fakta oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia atau OPCW menyelesaikan penyelidikan mereka dilapangan. Mereka ada di Suriah untuk menelitik jenis serangan kimia apa yang ada dan terjadi bukan untuk menuduh pihak manapun.

“Beginikah anda hendak menyelenggarakan urusan internasional sekarang. Ini adalah koboi-koboian dalam urusan internasional dan bukan dalam skala kecil, kita bicara tentang kekuatan nuklir utama,” tegas Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar