Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

AS Tarik Pasukan Ditengah Ancaman Serangan Turki

RWS | Sabtu,12 Jan 2019 - 19:15:22 WIB

Pasukan AS dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (set desain ilustrasi)/foto ist

CityPost – Penarikan pasukan militer AS dari Suriah kabarnya seiring dengan mencuatnya ancaman pihak Turki yang saat ini bersikeras akan melakukan serangan terhadap kelompok Kurdi YPG di Suriah.

Pihak AS sendiri dikabarnya sudah mulai melakukan penarikan dengan memindahkan berbagai peralatan besar dari Suriah.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara koalisi pimpinan AS yang memerangi ISIS disana, Kolonel Sean Ryan. Dia mengatakan proses penarikan sudah dimulai.

“”Koalisi sudah memulai proses penarikan dari Suriah. Karena masalah keamanan operasional, kami tidak akan membahas jadwal, lokasi atau pergerakan pasukan secara spesifik,” terangnya.

Senada dengan Ryan, Penasehat Keamanan Nasional Amerika, John Bolton mengatakan bahwa pihak AS menyerukan perlindungan bagi milisi Kurdi Suriah YPG sebagai persyaratan penarikan pasukan AS dari Suriah dan hal itu tengah membuat geram Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu dengannya.

Diketahui, YPG itu sendiri merupakan sekutu penting AS dalam memerangi ISIS namun pihak Turki memiliki penilaian berbeda dan menyebutkan YPG sebagai kelompok teroris yang terkait dengan pemberotak didalam wilayah Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan pihaknya sudah mempersiapkan operasi militer menghadapi YPG dan itu sudah selesai dilakukan. Mereka dalam waktu dekat ini akan memulai gerakan untuk memerangi YPG.

“Kami dalam waktu sangat dekat akan bergerak untuk melenyapkan organisasi teroris di Suriah. Jika ada teroris-teroris lain yang akan berupaya campur tangan dalam intervensi kami, maka kami bertugas untuk melenyapkan mereka juga, ” tegasnya. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar