Jakarta, Indonesia | Sunday, 22-07-2018

NEWS UPDATE

Aturan Larangan Menikah di Bawah Umur Perlu Dipertegas

AL | Rabu,02 Mei 2018 - 08:35:38 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Padang, CityPost - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra mengajak kaum muda untuk menghindari pernikahan dini, ia mengingatkan bahnya menikah pada usia yang sangat muda dapat meningkatkan resiko penyakit kanker serviks atau leher rahims karena el-sel mukosa pada serviks seorang perempuan yang berusia di bawah 16 tahun belum matang. Usia menikah yang ideal bagi wanita adalah 21 tahun dan 25 tahun untuk pria.

Karena itulah, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Sumatera Barat, Silfia Hanani menilai aturan larangan menikah di bawah umur perlu dipertegas agar kasus tersebut tidak terus terjadi.

"Salah satu yang bisa di lakukan untuk Sumbar adalah membuat aturan di tingkat nagari," katanya di Padang, Rabu (2/5/18).

Menurut Silfia,  fenomena perkawinan di bawah umur banyak terjadi di kalangan usia muda dan jika dilakukan berdampak pada hak dan tingkat kesejahteraan anak.

"Oleh sebab itu jajaran pemerintahan mulai dari yang terendah harus punya kebijakan untuk melindungi dan menyejahterakan anak mengingat mereka adalah aset masa depan yang harus mendapatkan perhatian sejak dini," ujarnya.

Silfia meyakini pemerintah berbasis adat dapat menjadi model upaya pencegahan perkawinan anak, ia juga menilai regulasi pemerintah ia juga perlu lebih dipertegas agar fenomena ini tidak terus terjadi.

"Yang perlu dilakukan adalah memperkuat peran dari setiap elit adat serta bundo kanduang," katanya. (red/ist)


Komentar Via Website : 1
Obat Katarak Tanpa Operasi
02 Mei 2018 - 09:56:48 WIB
terimakasih informasinya sangat membantu sekali
http://goo.gl/7oiSgX
http://goo.gl/SVXUD3
http://goo.gl/fRhwe3
http://goo.gl/MYQ8wB
http://go o.gl/v6Lh16
AwalKembali 1 LanjutAkhir

Nama

Email

Komentar