Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Bakamla SPKKL Batam Gelar Kegiatan Cinta Laut

Hen | Minggu,11 Nov 2018 - 19:21:25 WIB

Foto ist/WE

Batam, CityPost - Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Batam pimpinan Halilintar, ST, menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung Bina Kreasi Maritim Bakamla, di halaman Kantor SPKKL Batam, Minggu (11/11).

Sejak pukul 08.00 pagi, Minggu (11/11), Kantor SPKKL Batam sudah dipenuhi keramaian masyarakat sekitar. Rupanya akan segera dimulai kegiatan Senam Bersama yang diikuti oleh masyarakat dan mahasiswa STIE Ibnu Sina Batam. Tak ketinggalan pula Halilintar bersama seluruh staf SPKKL Batam ikut dalam semangat dan kemeriahan senam pagi itu.

Usai senam pagi, acara dilanjutkan sosialisasi oleh Kepala SPKKL Batam tentang tugas fungsi dan peran Bakamla. Dikenalkannya kepada masyarakat yang hadir, salah satu fungsi Bakamla adalah mennyelanggarakan sistem peringatan dini.

Untuk  mendukung hal tersebut, katanya, SPKKL sebagai unit pelaksana teknis memiliki tugas fungsi melaksanakan pemantauan aktivitas di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa ada dua sumber informasi untuk mendukung tugas fungsi tersebut, yaitu peralatan pemantauan yang dimiliki SPKKL, antara lain Automatic Identification System (AIS), longrange camera, dan radar serta informasi langsung dari pengguna laut termasuk nelayan dan masyarakat maritim. Untuk itu diperlukan hubungan dan koordinasi yang baik dengan masyarakat pengguna laut sebagai kebutuhan mutlak.

“Oleh karena itu, maksud dari kegiatan Bina Kreasi Maritim ini adalah untuk semakin mempererat hubungan dan koordinasi yang telah berjalan dengan baik antara Bakamla SPKKL Batam dengan masyarakat maritim dilingkungan SPKKL Batam,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Lurah Sambau, Kecamatan Nongsa, Awaluddin, SE, Ketua RT 001 Sarkawi, tokoh masyarakat dan masyarakat di lingkungan SPKKL Batam. Acara dirangkaikan pula dengan demo masak oleh ibu-ibu di sekitar kantor dengan menggunakan bahan olahan yang berasal dari laut, seperti ikan, udang dan sotong.

Selain itu, untuk menumbuhkan rasa cinta laut kepada anak-anak sekitar, dilaksanakan juga unjuk kreativitas anak-anak dalam menggambar dengan tema kecintaan terhadap laut.(Hen/ist-Humas Bakamla)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar