Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

Bawaslu Laporkan PSI Ke Bareskrim

Hen | Kamis,17 Mei 2018 - 22:30:15 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saat ini ditengarai tengah melayangkan laporan kepihak Bareskrim terhadap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) atas temuan mereka dilapangan terkait dugaan kampanye yang dilakukan diluar jadwal yang ditentukan.

“Dari temuan ini, kami sebutkan ada dua terlapor yang diduga, yakni Sekjen Raja Juli Antoni dan Chandra Wiguna selaki wakil Sekjen,” terang Ketua Bawaslu Abhan yang disampaikan melalui konferensi pers di Gedung Bawaslu, Jakarta pada Kamis (17/5) hari ini.

Sementara itu, dugaan pelaporan disebutkan terkait munculnya iklan dibeberapa media cetak nasional dan daerah pada 23 April 2018. Partai yang dipimpin Grace Natalie itu ditengarai menampilkan identitas partai seperti lambang partai dan nomor urut peserta pemilu. Bukan hanya itu, ada foto Jokowi juga yang ditampilkan dan hasil survei partai dengan judul “Alternatif Cawapres dan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo” yang berisi nama dan foto calon tersebut.

Abhan menilai upaya tersebut merupakan pelanggaran Pasal 492 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dalan ranah hukum pidana, termasuk dalam melakukan kegiatan kampanye sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 1 angka 35.

“Kemarin, tanggal 16 sudah final. Kesimpulan atas tindakan PSI diduga ada dugaan pelanggaran pidana pemilu, khususnya kualifikasi kampanye dilaur jadwal 492 UU pemilu. Ini sudah memenuhi ayat 35,” tegasnya. (Hen/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar