Jakarta, Indonesia | Friday, 14-12-2018

NEWS UPDATE

Becak Listrik UGM Jadi Proyek Percontohan PLN

AL | Kamis,01 Mar 2018 - 03:40:14 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mencoba becak listrik buatan UGM.foto.ist

Jakarta, CityPost - Program becak listrik yang sedang dikembangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapat dukungan dari PT. Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero). Belum lama ini, becak listrik tersebut sempat dicoba langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

PLN telah menyatakan kesiapannya membiayai pembuatan 10 becak listrik sebagai proyek percontohan setelah mendengar paparan dari Dosen sekaligus Pengamat Energi UGM Fahmy Radhi dalam acara sarasehan serta penandatanganan MoU antara PLN dengan tujuh perguruan tinggi di Jakarta, Rabu (28/2/18). Acara ini turut dihaediri Menteri BUMN Rini Soemarno.

"UGM berkeinginan mengembangkan 10 becak listrik yang nantinya akan dijajal sebagai moda transportasi di Yogyakarta, salah satunya di Malioboro," kata Fahmy.

Menurut perhitungan UGM, pembuatan satu becak listrik membutuhkan investasi sebesar Rp 30 juta.

"Kalau memang PLN bersedia mendukung, kami siap membuat lebih banyak," ujar Fahmy. 

Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku sangat mendukung inovasi yang telah diciptakan UGM. Karena itulah, Rini dan Direktur Utami PLN Sofyan Basir menyatakan mau memberi dukungan dana untuk becak listrik UGM. 

"Terkait becak listrik yang disampaikan, saya bersama dirut PLN sudah sepakat bahwa PLN akan mendukung program tersebut," katanya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar