Jakarta, Indonesia | Tuesday, 22-01-2019

NEWS UPDATE

Bermain Membangun Kedekatan Orang Tua dan Anak

RAN | Rabu,12 Des 2018 - 17:33:32 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Psikolog anak Ayoe Sutomo mengatakan, salah satu kegiatan paling sederhana untuk membangun kedekatan antara orangtua dan anak ialah bermain. Menurutnya, kedekatan emosional orangtua dan anak menjadi hal penting karena berperan besar dalam proses tumbuh dan kembang anak.

"Membangun kedekatan emosional paling mudah dengan bermain. Anak dalam kondisi `happy`, akhirnya membuat secara emosi anak penuh, lalu kalau bermain permainan melatih kreativitas, bisa juga mengasah kreativitas anak," ujar Ayoe di Jakarta, Selasa (11/12/18).

Ayoe menuturkan, membangun kedekatan emosi dengan anak membuat anak merasa disayang, diakui dan hal semacam ini menjadi kebutuhan anak.

"Anak butuh merasa disayang, diakui. Ini didapat kalau kedekatan orangtua dan anak baik. Kalau kedekatan emosional tidak terpenuhi, anak merasa tidak dekat dengan orangtua, anak tidak pernah dipuji dia merasa tidak berharga, tidak percaya diri, nanti bisa ke acara kepribadian sulit," katanya sebagaimana dilaporkan Antara.

Tak lupa, Ayoe juga menekankan pentingnya orang tua bersikap proaktif dalam mendukung proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan menciptakan momen kebersamaan antara keduanya.

"Selain itu, perlu diperhatikan aspek kualitas maupun kuantitas kebersamaan sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan anak secara kognitif, afektif maupun psikomotorik," tutupnya. (RAN/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar