Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

BI Nyatakan Inflasi Januari Cenderung Aman

RWS | Sabtu,03 Feb 2018 - 09:43:42 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyampaikan saat ini pihaknya mengklaim laju inflasi masih berkisar di angka 0,62 persen per Januari 2018 yang berada diatas rata-rata pencapaian inflasi dalam empat tahun terakhir.

Sementara itu, pada bulan pertama disebutkan rata-rata inflasi sebesar 0,45 persen. Menurut Agus, hal itu disebabkan karena adanya tekanan di volatile food dan core inflation. Sementara itu dari tahun ketahun, inflasi masih berkisar pada level 3,25 persen. Pencapaian itu masih berada pada kisaran target BI pada 2018 yakni 3,5 plus minus 1 persen.

“Secara year on year masih 3,25 persen. Jadi masih aman, masih sejalan dengan target yang dicanangkan, yaitu 3,5 plus minus 1 persen,” tukasnya.

Agus mengatakan ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga di Januari 2018 yang menyebabkan inflasi Januari tahun ini terbilang tinggi seperti halnya kenaikan harga beras, cabai, bawang dan daging ayam.

Kendati demikian, Gubernur BI optimis inflasi akan tetap berada pada sasaran 2018 sebesar plus minus 1 persen. BI dan pemerintah akan memperkuat kebijakan pengendalian inflasi, terutama sebagai antisipasi resiko meningkatnya inflasi dan gejolak pangan serta adanya kemungkinan penyesuaian harga dari barang-barang yang tengah diatur oleh pemerintah. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar