Jakarta, Indonesia | Tuesday, 19-06-2018

NEWS UPDATE

Bus Khusus Asian Games Akan Gantikan LRT Yang Belum Selesai

AL | Minggu,03 Des 2017 - 15:31:57 WIB

Proyek LRT Jakarta.foto.ist

Sabang, CityPost - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang sedang dibangun di Jakarta tidak akan selesai untuk mendukung Asian Games 2018, baru LRT Palembang saja yang bisa beroperasi sebelum pesta olahrga bergengsi itu.  

"Kalau dari pengamatan saya, LRT Jakarta tidak selesai untuk Asian Games. Saya tidak tahu ada masalah apa. Bisa juga masalah tanah," katanya di sela Sail Sabang, di Kota Sabang, Aceh.

Sebagai gantinya, Budi memastikan Kementerian Perhubungan akan menyediakan bus untuk peserta Asian Games di Jakarta yang akan mengantar para peserta dari tempat penginapan menuju ke arena pertandingan. Sebaliknya, ia optimis LRT Palembang akan selesai Februari tahun depan sehingga April 2018 sudah bisa diuji coba.

"LRT Palembang bisa beroperasi saat Asian Games sehingga semua atlet akan menggunakan LRT," ujarnya.

Budi menuturkan, jalur LRT Jakata dibangun membentang dari Kelapa Gading ke Velodrome sepanjang 9 km. Jika jalur ini selesai, akan dilanjutkan dengan pembangunan jaur Velodrome-Dukuh Atas sehingga terhubung dengan kereta bandara dan KRL di Dukuh Atas.

 
Sedangkan, jalur LRT Palembang dibangun sepanjang kurang lebih 23,4 kilometer dengan lebar jalur rel 1.067 mm. Pembangunannya sudah mencapai 72 persen, bahkan jembatan LRT Sumsel yang menghubungkan sisi Seberang Ulu dengan sisi Seberang Ilir sepanjang kurang lebih 445 meter telah tersambung.Letak jembatan LRT Palembang yang berdampingan dengan Jembatan Ampera membuat penumpang LRT bisa melihat pemandangan indah Sungai Musi.


Jalur LRT Palembang akan dilayani 14 rangkaian kereta dengan tiga gerbong kereta per rangkaian ini melewati 13 stasiun, yaitu Bandara, Asrama Haji, Telkom, RSUD, Polda, Demang Lebar Daun, Palembang Icon, Dishub Kominfo, Pasar Cinde, Jembatan Ampera, Polresta, Stadion Jakabaring dan Stasiun Ogan Permata Indah. (red/ist) 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar