Jakarta, Indonesia | Friday, 14-12-2018

NEWS UPDATE

Canon Akhiri Bisnis Kamera Film

AL | Senin,04 Jun 2018 - 20:25:55 WIB

Canon EOS-1V.foto.ist

Jakarta, CityPost - Canon secara resmi telah menghentikan produksi EOS-1V. Ini adalah kamera film terakhir yang diproduksi Canon. Dengan demikian, berakhir sudah bisnis kamera film yang telah dilakukan Canon selama 80 tahun terakhir.

Meski kamera film makin tak populer di era digital seperti saat ini, Canon tetap mempertahankan EOS-1V sebagai satu-satunya lini kamera film bagi fotografer profesional.

Kamera 35 mm SLR ini pertama kali meluncur pada 2000. Kamera ini dirancang mirip dengan kamera DSLR modern Canon lainnya. Penempatan kata V pada kamera SLR generasi kelima ini merupakan kepanjangan dari kata Vision.

EOS-1V sebenarnya sudah tak diproduksi lagi sejak 2010. Tapi Canon masih terus menjual dan mendistribusikan kamera ini dari gudangnya. Meski tak lagi menjual kamera ini, Canon menyebut bahwa layanan perbaikan kamera masih berlaku hingga 31 Oktober 2025. Setelah 31Oktober 2020, permintaan perbaikan mungkin akan ditolak jika suku cadang yang dibutuhkan telah habis di gudang Canon.

Fokus produksi kamera Canon sendiri perlahan terus beralih ke digital setelah memproduksi kamera digital pertamanya, RC-701 tahun 1984.

Canon pertama kali masuk ke industri kamera pada 1937 sebagai Precision Optical Instruments Laboratory. Perusahaan itu membuat kloning kamera Leica. Kamera pertamanya adalah The Kwanon dan menjadi kamera 35 mm Jepang pertama.

Saat itu Canon masih belum memproduksi lensa sendiri. Sehingga ia menggunakan lensa Nikkor dari Nippon Kogaku K.K. Perusahaan ini kemudian dikenal sebagai Nikon. Nikon sendiri saat ini masih menjual dua kamera film SLR yaitu Nikon F6 dan Nikon FM10, demikian disebutkan PetaPixel. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar