Jakarta, Indonesia | Wednesday, 17-10-2018

NEWS UPDATE

China Gelar Uji Peluru Kendali Di LCS

RWS | Sabtu,16 Jun 2018 - 04:31:21 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Pihak militer China saat ini dikabarkan tengah menggelar uji peluru kendali dalam sebuah latihan militer yang diadakan di Laut China Selatan (LCS). Latihan tersebut konon dilakukan dalam menghadang jika ada serangan udara dari pihak musuh dikawasan perairan yang saat ini tengah menjadi sengketa.

Disebutkan, China menggelar latihan ditengah persitegangan antara pihak Beijing dan Washington yang selama ini kerap saling melancarkan tudingan terkait siapa yang bertanggungjawab atas ketegangan yang terjadi di kawasan Laut China Selatan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, sebelumnya mengatakan pihaknya prihatin dengan adanya upaya militerisasi oleh pihak China di Laut China Selatan yang merupakan jalur perdagangan tersibuk didunia. Pernyataan Pompeo mencuat setelah pihak AS kerap melakukan kegiatan diperairan tersebut. Termasuk kehadiran pesawat Pembom milik AS B-52 yang terbang di LCS dan mendapatkan reaksi keras dari China.

Saat ini, pihak China tengah melakukan simulasi serangan rudal diwilayah LCS dengan menggunakan tiga pesawat nirawak yang diterbangkan diatas sebuah formasi kapal dengan ketinggian yang bervariasi. Hal itu seperti yang dilansir melalui laporan surat kabar milik militer China.

Kabarnya latihan tersebut dilakukan setelah sebelumnya pihak China kerap gagal melakukan latihan dalam menghalau serangan dari pihak asing.

Diketahui, AS dan China saat ini tengah saling melayangkan tuduhan terkait isu militerisasi yang dilakukan di Laut China Selatan. Beijing menyalahkan Washiington atas operasi kebebasan navigasi yang dilakukan yang dianggap semakin menambah situasi semakin memanas. Sementara itu, pihak Washington menyebutkan bahwa operasi tersebut diperlukan untuk mengimbangi upaya China dalam membatasi pelayaran di Laut Chiina Selatan. (RWS/ist)

 

 

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar