Jakarta, Indonesia | Thursday, 19-07-2018

NEWS UPDATE

China Geram AS Harmonis Dengan Taiwan

RWS | Minggu,18 Mar 2018 - 20:00:29 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Harmonisasi hubungan antara Amerika Serikat dan Taiwan saat ini ditengarai tengah memicu kecemburuan pihak China. Walhasil dikabarkan China akhirnya meminta AS untuk memperbaiki kesalahannya pasca Presiden Trump menyetujui UU baru mereka yang memperbolehkan para pejabat tinggi Amerika berkunjung ke Taiwan.

Disampaikan, wakil-wakil Amerika sebelumnya sudah pernah melakukan perjalanan ke Taiwan dan sebaliknya, para pejabat Taiwan juga sudah berkunjung ke Gedung Putih, Amerika Serikat. Kendati demikian kabarnya pertemuan dilakukan dengan tidak mencolok untuk menghindari kemarahan China.

Sementara itu, sebuah kebijakan terkait Taiwan Travel Act yang kini sudah ditandatangani Trump pada Jumat (16/3) telah disetujui Kongres terkait anjuran pertukaran kunjungan antara para pejabat Amerika dengan Taiwan untuk semua tingkatan.

Diketahui sebelumnya pihak Amerika Serikat pernah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada 1979 lalu pasalnya AS lebih memilih China dibawah kebijakan Satu China. Kendati demikian kabarnya Amerika sendiri tetap mempertahankan hubungan dagang dan menjual senjata ke Taiwan. Hal inilah yang ditengarai telah membauat pihak China geram dan marah.

Melalui juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang, disampaikan bahwa pasal-pasal yang termaktub dalam UU tersebut kendati tidak mengikat secara hukum namun hal itu dianggap telah melanggar prinsip Satu China dan mengirim sinyal yang amat keliru kepada golongan separatis dan pro kemerdekaan di Taiwan.

 Lu Kang menegaskan China sangat menetang hal tersebut. Hal itu dikeluarkan Menlu China dalam pernyataan resmi mereka pada Sabtu (17/3) kemarin.

“Kami mendesak Amerika memperbaiki kesalahannya, berhenti mengejar hubungan resmi dengan Taiwan atau meningkatkan hubungan dewasa ini dengan Taiwan,” tegas Lu Kang. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar