Jakarta, Indonesia | Sunday, 16-12-2018

NEWS UPDATE

China Terapkan Social Credit System Bagi Traveler Bermasal

GRY | Rabu,21 Mar 2018 - 15:26:15 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Beijing, CityPost - Banyak cerita traveler China bikin masalah di berbagai tempat. Karena itulah, Pemerintah China akan menerapkan aturan supaya warga bermasalah dibikin lebih susah traveling.

Dilansir Reuters dan Travel Leisure, Selasa (20/3/18). China akan menerapkan Sistem Kredit Sosial atau Social Credit System. Setiap orang akan diberikan pelayanan publik sesuai rating atau nilai perilakunya.

Aturan ini dikeluarkan oleh Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China. Peraturan ini disebut-sebut akan berlaku mulai dari tanggal 1 Mei 2018.

Nantinya, warga yang memiliki perilaku buruk saat traveling, ataupun pelanggaran aturan lainnya, akan mendapat hukuman sosial berupa pengurangan poin sosial. Pada ujungnya, mereka akan dilarang traveling.

Pelanggaran-pelanggaran itu antara lain menggunakan tiket palsu, merokok di gerbong kereta, atau berbohong soal ancaman terorisme. Menurut Reuters, perilaku lainnya seperti telat membayar asuransi, atau membayar denda juga akan berpengaruh pada penilaian setiap individu.

Sistem ini, nantinya akan berlaku mulai tanggal 1 Mei 2018. Namun, ini hanya diberlakukan bagi para turis domestik, yang hanya pergi dari dan ke wilayah China saja.

Warga yang bermasalah ini akan dilarang traveling naik pesawat dan kereta selama setahun. Semoga itu menjadi pelajaran. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar