Jakarta, Indonesia | Saturday, 23-06-2018

NEWS UPDATE

Cuaca Ekstrim Somalia Tewaskan Puluhan Penduduk

RWS | Minggu,27 Mei 2018 - 21:19:58 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Cuaca ekstrim di Somalia tengah memicu terjadinya banjir dan topan hingga menewaskan puluhan penduduk yang ada disekitarnya. Hal itu disampaikan oleh pihak PBB yang menyebutkan sebanyak 21 orang tewas dan ribuan lainnya menjadi korban bencana alam banjir.

Kantor PBB untuk Koordinasi urusan Kemanusiaan (OCHA) menyebutkan peristiwa terjadi pada Jumat (25/5) lalu. Hingga kini banjir saat itu tengah berdampak pada 800 ribu orang dan sebanyak 230 ribu warga kehilangan mata pencaharian, ternak dan tempat mereka untuk berlindung.

“Sejauh ini, 21 orang dikonfrimasi tewas termasuk sembilan dinegara bagian Hirshabelle, empat dinegara bagian Jubaland dan delapan di wilayah  Banadir,” terang OCHA.

Disebutkan untuk menanggulangi bencana tersebut, saat ini pemerintah Somalia dan mitra kemanusiaan yang menangani membutuhkan sebesar 80 juta dolar AS untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut. Bahkan hujan yang saat ini terjadi akan dimanfaatkan oleh mereka untuk pertanian agar bisa menjadi solusi dalam mengantisipasi kondisi rawan pangan yang parah karena kemarau panjang.

“Satu pekan terakhir, aktivitas hujan diseluruh Somalia dan didataran tinggi Ethiopia telah berkurang,” terang Managemen Informasi Tanah dan Air Somalia (SWALIM) yang saat ini dikelola Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). (RWS/ist)

 

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar