Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Demokrat Menang Di Pemilu Sela AS

RWS | Jumat,09 Nov 2018 - 19:16:49 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Partai Demokrat menyampaikan saat ini pihaknya berhasil mengambil alih DPR AS sementara itu Partai Republik mempertahankan kontrol mereka di Senat. Hal itu mencuat dari laporan dan analisa dari sejumlah media setempat dalam merespon dan menginformasikan seputar pelaksanaan pemilu sela.

Disebutkan, perolehan suara tengah menciptakan Kongres yang terpecah hal itu kabarnya nanti akan menjadi kendala dan penghalang bagi agenda legislatif dibawah kepresidenan Donald Trump selama dua tahun kedepan.

Selain itu, hasil pemilu yang sudah diprediksi sebelumnya akan menjadi teguran bagi Donald Trump terkait referendum atas jabatan kepresidenannya.

“Hari ini adalah tentang Demokrat dan Republik, tentang memulihkan pengawasan dan keseimbangan konstitusional pemerintahan Trump,” tegas pemimpin Demokrat Nancy Pelosi dari California saat berpidato di markas Demokrat di Washington.

Diketahui, saat ini peluang Demokrat untuk mengambil alih kendali Senat dari Republik tampaknya kemungkinan akan terlaksana usai kekalahan yang dialami pihak Republik di Indiana dan Tennessee. Dengan menguasai DPR maka, untuk pertama kalinya Demokrat selama kurun delapan tahun, partai itu akan bisa menghalangi prioritas legislatif Trump.

Dari keterangan sejumlah politisi Demokrat, diindikasikan mereka nantinya akan menuntut bukti pengembalian pajak presiden dan menyelidiki keuangan serta kepentingan bisnis pribadi. Termasuk hubungan antara kampanye pemilihan presiden 2016 lalu dengan pihak Rusia.

Senator Demokrat Joe Machin dari West Virginia berhasil mempertahankan kursinya dan mengalahkan kandidat Republik Patrick Morrisey. Manchin, yang mendukung pengangkatan Brett Kavanaugh sebagai Hakim Agung, mengkritisi Morrisey yang bekerja sebagai pelobi bisnis farmasi dan katanya akan mengambil keuntungan dari krisis opioid di West Virginia.

Diketahui, Demokrat berhasil menang telak di Virginia, sebuah wilayah yang berada di pinggiran Washington DC, dimana Jennifer Wexton, pengacara dan senator negara bagian mengalahkan incumbent Republik, Barbara Comstock.

Semetara itu, di Florida, Donna Shalala mantan menteri kesehatan kabinet Clinton, berhasil mengalahkan kompetitornya dari Partai Republik. Dua kursi di Pennsylvania dan dua kursi di Colorado. Dengan demikian, Demokrat membutuhkan 11 kursi tambahan untuk bisa mengambil alih kendali sepenuhnya di DPR. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar