Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

Dewan Eropa Kecam Kebijakan unkonsisten AS

RWS | Kamis,17 Mei 2018 - 20:04:13 WIB

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk/foto ist

CityPost – Presiden Dewan Eropa Donald Tusk saat ini mengecam dan mencemooh semua kebijakan yang ditetapkan pihak Amerika Serikat dan dianggap sebagai sesuatu yang tidak konsisten alias plin-plan.

Tusk yang tidak suka dengan hal itu lantas melayangkan kecaman dan mengatakan Amerika Serikat dibawah pimpinan Donald Trump banyak melahirkan kebijakan yang memprihatinkan dan tidak terduga. Hal itu disampaikannya pada saat jamuan makan malam yang digelar para pemimpin Eropa menjelang KTT Uni Eropa di Sofia, Bulgaria.

Disampaikan, nantinya KTT akan membahas isu terkait pemerintahan Donald Trump dan terkait mundurnya AS dari perjanjian nuklir Iran dan adanya ancaman AS yang akan memberlakukan sanksi perdagangan untuk menghukum Uni Eropa.

“Saat ini kita menyaksikan sebuah fenomena baru, perilaku tak terduga pemerintahan Amerika. Eropa tidak bisa lagi mengandalkan bantuan otomatis dari Washington sebagai sekutu barat,” tegasnya.

Bahkan Tusk menyindir Trump dengan sinis sambil mengatakan Eropa seharusnya berterima kasih kepada Trump karena berkar Trump, Eropa kini terlepas dari ilusi bahwa jika Eropa membutuhkan bantuan, AS akan membantu.

“Ia membuat kita sadar, jika kita membutuhkan bantuan, tidak akan ada yang membantu. Orang bisa beranggapan dengan teman seperti itu, siapa yang perlu musuh,” sindirnya.

Diketahui, Tusk sendiri sudah lama mengecam Donald Trump bahkan jauh sebelum pemiliha presiden di AS. Tusk pernah mengatakan Satu Donald saja di politik internasional sudah cukup. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar