Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Dewan Pers: Tahun Politik, Media Harus Netral

WDP | Kamis,08 Nov 2018 - 18:32:33 WIB

Ketua Dewan Pers Indonesia, Yosep Adi Prasetyo.foto.ist

Jakarta, CityPost - Ketua Dewan Pers Indonesia Yosep Adi Prasetyo mengingatkan media untuk tetap independen menjelang dilaksanakannya Pemilu Presiden 2019.

Menurutnya agar pemberitaan media tetap netral ditahun politik seperti saat ini, lembaganya telah mengirimkan surat ederan serta mengumpulkan para petinggi media agar mereka tetap netral dalam membuat suatu berita.

"Maksudnya kami ingin mengingatkan bahwa media ini yang paling utama adalah bekerja untuk kepentingan publik," ujarnya saat menjadi pembicara sebuah diskusi di gedung parlemen Kamis, (8/11/18).

Bila merujuk pada Hari Pers Nasional tahun 2014 di Bengkulu, menurut Yosep komunitas media telah bertekad agar pers Indonesia harus bisa menjadi wasit dan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu.

"Kami komunitas pers menyatakan pers Indonesia bisa menjadi wasit dan pemimpin yang adil, menjadi pengawas yang teliti terhadap pelaksanaan pemilu," tambahnya.

Yosep juga menyayangkan saat ini ternyata banyak jurnalis yang maju menjadi calon angggota legislatif (Caleg). Sehingga apa yang menjadi pekerjaan dan tanggung jawabnya dalam menyampaikan informasi kepada masyrakat menjadi tidak netral.

"Kita telah mengeluarkan surat edaran no 2 tahun 2018, isinya yaitu meminta kepada seluruh wartawan yang menjadi caleg, calon anggota DPD juga menjadi tim sukses untuk segera non aktif atau mengundurkan diri dari wartawan," tutupnya. (WDP/CityPost)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar