Jakarta, Indonesia | Saturday, 23-06-2018

NEWS UPDATE

Dibawah Kepemimpinan Pinera Ekonomi Chile Berhasil Tumbuh

RWS | Selasa,13 Mar 2018 - 12:35:01 WIB

Sebastian Pinera Dilantik sebagai Presiden Chile/ foto ist.

CityPost – Politikus konservatif yang notabene merupakan milyarder, Sebastian Pinera kembali berhasil terpilih dan dilantik menjadi Presiden Chile. Kabarnya Pinera berjanji akan segera memperbaiki ekonomi negara yang terpuruk sejak negara itu dipimpin oleh Presiden berhaluan tengah-kiri Michelle Bachelet.

Seperti yang dilansir melalui Associated Press, Pinera yang datang dari kelompok pengusaha disebutkan tengah berhasil membawa pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 5,3 persen dalam setahun pada masa jabatan pertamanya di 2010-2014 silam.

Keberhasilannya dikatakan berkat kebijakan pro bisnis, kenaikan harga tembaga yang merupakan ekspor utama Chile dan pembangunan besar-besaran menyusul adanya gempa berkekuatan 8,8 skala richter yang pernah mengguncang negara itu sebelum dia menjabat sebagai Presiden.

Pinera mengaku dirinya berharap bisa bekerja dengan saingannya yang berhaluan tengah-kiri agar bisa mencapai semua sasaran. Kendati demikian, dia juga akan menghadapi tantangan untuk menyatukan koalisinya yang terkadang terpecah juga termasuk partai-partai yang dulu disebut sebagai pendukung diktator Jenderal Augusto Pinochet sejak 1973-1990.

Diketahui, pelantikan Sebastian Pinera sebagai Presiden Chile juga disaksikan oleh Presiden Argentina, Bolivia. Brazil, Ekuador, Meksiko dan Peru. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar