Jakarta, Indonesia | Sunday, 16-12-2018

NEWS UPDATE

Diprotes Pelanggan, Netflix Bakal Perpanjang Siaran Friends

GRY | Kamis,06 Des 2018 - 18:32:49 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost - Penyedia layanan media streaming asal Amerika Serikat, Netflix beberapa waktu lalu mengumumkan membatalkan menghapus serial Friends dari platfrorm tersebut. Netflix kini disebut mesti merogoh kocek besar demi serial legendaris tersebut.

Dilansir dari New York Times, menurut sejumlah sumber yang mengetahui secara persis masalah keberlangsungan Friends di layanan Netflix, platform digital itu mesti membayar sekitar US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun kepada WarnerMedia selaku pemegang lisensi Friends.

New York Times menyebut bahwa jumlah itu merupakan lonjakan signifikan dari biaya sebelumnya, yaitu US$30 juta per tahun sebagai biaya yang harus dikeluarkan Netflix demi bisa menyiarkan Friends.

Meski terlihat amat mahal, jumlah tersebut belum seberapa dibandingkan bujet yang disediakan Netflix untuk membuat konten sepanjang 2018 menurut laporan The Economist Juni lalu, yaitu US$12-13 miliar atau Rp173-188 triliun.

Keterpaksaan Netflix untuk merogoh kocek besar mempertahankan serial Friends ditengarai karena tingginya permintaan akan kisah enam sahabat itu.

Keputusan Netflix untuk tak lagi memperpanjang serial tersebut pada tahun depan sebelumnya menuai kecaman dan protes dari fan hingga ancaman memutus langganan.

Ancaman para fan sempat ditanggapi oleh kepala konten Netflix, Ted Sarandos yang mengatakan kepada Hollywood Reporter, dikutip dari ET, bahwa kabar penarikan serial Friends adalah rumor belaka.

Hingga kemudian, Netflix secara resmi mengumumkan pada 4 Desember lalu bahwa Rachel Green, Monica Geller, Phoebe Buffay, Joey Tribbiani, Chandler Bing, dan Ross Geller masih tayang setidaknya sepanjang 2019.

Di sisi lain, mengutip Variety, Friends merupakan salah satu tayangan paling populer di Netflix. Menurut 7Park Data, serial ini berada dalam posisi 10 besar tayangan paling banyak ditonton selama 12 bulan sejak September 2016.

Belakangan muncul spekulasi bahwa Warner Bros tidak akan memperbarui kesepakatan dengan Netflix untuk serial Friends dan konten populer lainnya. Hal itu dikarenakan WarnerMedia berencana meluncurkan layanan streaming sendiri per kuartal keempat 2019.

Secara terpisah, Disney pun mengakhiri kesepakatan dengan Netflix menyusul rencana peluncuran layanan streaming Disney+ akhir tahun depan.

Netflix pertama kali menayangkan keseluruhan 10 musim Friends yang mencakup 236 episode kepada pelanggan di AS dan Kanada pada Januari 2015, berdasarkan kesepakatan dengan Warner Bros.

Friends dibintangi Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, Matt LeBlanc, Matthew Perry, dan David Schwimmer, Friends bercerita tentang sekelompok teman berusia 20-an yang tinggal di Manhattan. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar