Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Disanksi Uni Eropa, Iran Bakal Lakukan Pembalasan

RWS | Kamis,10 Jan 2019 - 23:47:50 WIB

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi/foto ist

CityPost – Pemerintah Uni Eropa dikabarkan tengah menjatuhkan sanksi kepada dua orang warga negara Iran dan seorang unit intelejen yang dimasukan kedalam daftar teroris. Hal inilah yang kemudian membuat pihak Iran geram dan berencana melakukan pembalasan.

Diketahui, Sejumlah Menteri Uni Eropa tengah menyepakati adanya penambahan nama lainnya yang akan dimasukkan kedalam daftar teroris dan membekukan aset-aset mereka. Pihak lainnya, dari Belanda mengatakan bahwa mereka menuding Iran terlibat dalam dua pembunuhan  diwilayahnya dan bergabung bersama Perancis dan Denmark yang juga sama-sama menuding Teheran bersekongkol atas serangan-serangan lain yang terjadi di Eropa.

Kabarnya kedua orang Iran itu saat ini sudah berada didalam tahanan di Belgia. Menurut sejumlah pengamat, langkah sanksi tersebut merupakan upaya pertama kalinya yang dilakukan Uni Eropa sejak kesepakatan penandatanganan fakta nuklir pada 2015 lalu.

Menanggapi hal itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi mengatakan bahwa semua tindakan Uni Eropa tidak logis dan mengejutkan. Oleh karenanya Iran bakal memberlakukan upaya balasan atas aksi Uni Eropa. Hal itu disampaikannya melalui pernyataan resmi pihak Kementerian tersebut melalui situs mereka.

Sementara itu, adanya tudingan persekongkolan yang dituduhkan oleh pihak Uni Eropa, dibantah dengan tegas oleh Iran dan menegaskan semua tuduhan itu ditujukan untuk merusak hubungan baik antara Iran dan Uni Eropa.

“Daftar-daftar ini telah diterima oleh Dewan sebagai bagian dari tanggapannya atas serangan-serangan yang digagalkan baru-baru ini diwilayah Eropa,” tegas pihak Dewan Eropa. (RWS/ist)

 

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar