Jakarta, Indonesia | Sunday, 23-09-2018

NEWS UPDATE

DK PBB Akan Berikan Sanksi Baru Kepada Yaman

RWS | Rabu,28 Feb 2018 - 19:52:46 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Sebuah kabar terbaru terkait pemblokiran resolusi Dewan Keamanan PBB yang dilakukan Rusia terkait kecaman terhadap Iran karena melanggar embargo senjata terhadap pemberontak Houthi di Yaman mulai tersiar kepublik.

Kabarnya Rusia memblokir resolusi tersebut dengan menggunakan haknya untuk memveto draf naskah yang disusun pihak Inggris. Upaya tersebut mendapat dukungan dari Bolivia yang langsung bergabung dengan pihak Rusia dalam memberikan suaranya untuk menentang draf naskah yang dimaksud. Sementara itu, China dan Kazakhstan abstain.

Diketahui, Dewan dengan suara bulat mengadopsi sebuah resolusi yang tengah ditulis oleh pihak Rusia dengan meminta perpanjangan sanksi satu tahun terhadap Yaman dan pembaruan kerja panel ahli. Amerika, Inggris dan Perancis disebutkan tengah memimpin upaya yang didukung secara luas di Dewan tersebut dengan maksud meminta pertanggungjawaban  Iran atas dugaan adanya pengiriman senjata ke Houthi dan digunakan untuk menyerang Arab Saudi.

Saat ini diketahui, lebih dari 22 juta orang Yaman menderita dan membutuhkan bantuan kemanusiaan, termasuk lebihd ari 8 juta orang berada dalam batas ambang kelaparan.

Pihak lembaga dunia, PBB itu sendiri dikatakan kerap berulang kali meminta pihak-pihak tersebut untuk berhenti berperang dan memberikan akses yang aman dan tidak terbatas kepada pekerja bantuan agar bisa mendapatkan akses masuk dan menemukan solusi politik. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar