Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Dubes AS Kunjungi Natuna Untuk Eksplorasi Kerja Sama

AL | Jumat,09 Nov 2018 - 16:27:53 WIB

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan.foto.ist

Jakarta, CityPost - Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan melakukan kunjungan  ke Natuna pada 6-8 November 2018 untuk mengeksplorasi potensi kerja sama kedua negara dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan perikanan. Ini adalah kunjungan pertama duta besar AS ke Natuna dalam 20 tahun terakhir.

"Tujuan kunjungan saya untuk mengeksplorasi cara-cara meningkatkan hubungan antara AS dengan Natuna dalam konteks kemitraan strategis yang kami miliki dengan Indonesia," kat Donovan setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jum`at (9/11/18).

Dalam kunjungan ke Natuna tersebut, Dubes Donovan bertemu dengan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, serta pelajar sekolah menengah atas Kecamatan Bunguran Timur. Pada kesempatan itu, Dubes Donovan bersama Menteri KKP membahas mengenai perikanan di Pulau Natuna dan rencana meningkatkan kehidupan para nelayan di pulau tersebut.

"Kami juga membahas bagaimana upaya beliau mengurangi pencurian ikan, dimana beliau sangat berhasil mencegat kapal-kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia," ujarnya.

Dubes Donovan bertemu dengan sejumlah pengusaha di Pulau Natuna untuk menjajaki peluang kerja sama dengan perusahaan AS dalam berbagai bidang termasuk perikanan, pariwisata, maupun logistik. Selama tiga hari di Natuna, Donovan sempat mengunjungi Pangkalan TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Ia juga bertemu dengan pelajar SMA Bungaran Timur untuk berdiskusi mengenai isu lingkungan dan pelestarian laut, serta memotivasi para pelajar untuk dapat melanjutkan studi ke Negeri Paman Sam.

"Saya percaya kunjungan ini adalah contoh baik bagi komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yg bebas dan terbuka dimana perusahaan kedua negara bisa sukses, masyarakat lokal bisa maju, dan kemitraan bilateral dapat tumbuh," katanya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar