Jakarta, Indonesia | Sunday, 23-09-2018

NEWS UPDATE

Duterte Persilahkan PBB Selidiki Dugaan Pelanggaran HAM

RWS | Kamis,01 Mar 2018 - 03:32:56 WIB

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte/ Foto ist.

CityPost – Pemerintah Filipina saat ini tengah mengizinkan PBB untuk melakukan proses penyelidikan terkait tudingan adanya dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) saat operasi pemberantasan narkoba dilakukan.  Informasi tersebut ditengarai dilakukan oleh pelapor khusus PBB.

Filipina sendiri mempersilahkan namun juga menekankan bahwa penyelidikan harus dilakukan oleh pelapor yang tepat dan tidak bias.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 30 negara barat tengah meminta Filipina untuk memberikan izin pelapor khusus PBB bernama Agnes Callamard untuk melakukan penyelidikan. Agnes sendiri ditengarai merupakan pelapor yang memiliki kompetensi dalam bidang pembunuhan diluar jalur hukum dan eksekusi secara sewenang-wenang.

Sementara itu, juru bicara kepresidenan Filipina, Harry Roque menyampaikan walaupun pemerintah Filipina telah membuka diri untuk proses penyelidikan, namun, menurutnya Agnes bukanlah orang yang tepat dalam menangani perkara tersebut. Filipina menghendaki pelapor khusus yang kredibel, objektif dan tidak membias.

“Callamard tidak sesuai dengan deskripsi itu. Tentu bukan Agnes Callamard,” tukas Roque.

Diketahui, pada awal bulan ini, seorang jaksa di Pengadilan Pidana Internasional (ICC) Den Haag, Belanda, telah memulai pemeriksaan pendahuluan atas laporan dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan Duterte. Tanpa rasa khawatir bahkan Duterte menyambut baik pemeriksaan tersebut. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar