Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Fadli Zon Berharap Anwar Usman Kembalikan Marwah MK

GRY | Senin,02 Apr 2018 - 16:37:52 WIB

Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan, Fadli Zon.foto.ist

Jakarta, CityPost - Mahkamah Konstitusi (MK) telah selesai menggelar rapat pemuswarahan hakim. Hasilnya adalah, Anwar Usman, dipilih menjadi Ketua MK periode 2018-2020 menggantikan Arief Hidayat.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, berharap siapa pun yang terpilih sebagai Ketua MK, haruslah memiliki integritas dan kredibilitas serta yang terpenting adalah tak mewakili kepentingan
tertentu.

"Jadi harusnya itu. Dia tidak boleh punya preferensi dekat dengan kelompok-kelompok tertentu, partai politik tertentu. Dia harus berada di atas semua partai politik, kelompok, golongan, dan semata-mata bekerja untuk menjaga konstitusi kita dan aturan-aturan di bawahnya sesuai dengan konstitusi kita," katanya di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (2/4/18).

Fadli berharap Ketua MK Anwar Usman yang baru saja terpilih bisa mengembalikan marwah MK yang bebas dari berbagai kepentingan, termasuk kepentingan politik. Menurutnya, MK merupakan lembaga yang sangat penting dalam konstitusi sehingga jabatan dan kewenangan sebagai Ketua MK tak boleh dipermainkan.

"Harapannya siapa pun yang terpilih, Mahkamah Konstitusi ini adalah penjaga, guardian of our constitution, penjaga akhir dari konstitusi kita. Jadi, tidak boleh dimain-mainkan ya," tandas Wakil Ketua DPR ini

Dari sembilan hakim MK, hanya delapan yang diperbolehkan maju sebagai Ketua MK. Arief sudah tidak diperbolehkan kembali maju karena sudah dua kali menjabat.

Berdasarkan hasil pemilihan yang dilakukan secara voting itu, Anwar Usman mendapatkan 5 suara, Suhartoyo 4 suara, sedangkan yang lainnya tidak mendapatkan suara pemilih. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar