Jakarta, Indonesia | Tuesday, 22-01-2019

NEWS UPDATE

Festival Pencak Silat Lestarikan Budaya Asli

RAN | Jumat,14 Des 2018 - 19:24:18 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Cibinong, CityPost - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Aman Muslihat mengatakan ajang kompetisi olahraga juga menjadi sarana dalam melestarikan budaya asli di Jawa Barat selain untuk meningkatkan kemampuan diri dalam berprestasi. Salah satunya adalah olahraga pencak silat.

"Festival Pencak Silat Seni Budaya dan Tunggal Baku IPSI tingkat pelajar se- Kabupaten Bogor yang telah diselenggarakan pada 10 Desember 2018, adalah wujud dari sarana meningkatkan prestasi dan melestarikan budaya," ujarnya di Cibinong, Jum`at (12/12/18).

Aman menambahkan, festival sekalgus kejuaraan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor melalui Ikatan Persatuan Silat Indonesia (IPSI) Bogor.

Ketua Panitia Festival Pencak Silat Seni Budaya dan Tunggal Baku IPSI tingkat pelajar Kabupaten Bogor Ida Parida menjelaskan, kegiatan ini diikuti sebanyak 153 peserta dari 20 perguruan pencak silat se-Kabupaten Bogor. Ada dua kategori yang dipertandingkan yaitu seni budaya dan tunggal baku. Kejuaran itu juga menjadi ajang silaturahmi perguruan, sarana melatih kesabaran, ketangkasan, dan untuk memperkuat karakter para peserta. Ajang itu juga diharapkan dapat melahirkan atlet pencak silat muda berbakat.

Sedangkan Plt Kadispora Kabupaten Bogor Aman Muslihat mengatakan kegiatan itu menjadi peluang bagi para pemuda dan masyarakat Kabupaten Bogor dalam mengembangkan diri melalui olahraga pencak silat.

"Cabang olahraga saat ini menjadi aset yang berharga dalam membawa nama baik suatu daerah maupun bangsa Indonesia. Karena itulah kegiatan ini harus terus digalakkan untuk melahirkan atlet muda berprestasi di kejuaraan dan festival. Kegiatan semacam ini perlu diadakan secara berkesinambungan," katanya. (RAN/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar