Jakarta, Indonesia | Friday, 21-09-2018

NEWS UPDATE

Fisikawan Stephen Hawking Meninggal Dunia

GRY | Rabu,14 Mar 2018 - 19:05:14 WIB

Stephen Hawking.foto.ist

London, CityPost - Fisikawan ternama asal Inggris, Stephen Hawking meninggal dunia di usia 76 tahun. Kematian Hawking telah dikonfirmasi oleh keluarganya.

"Kami sungguh sedih bahwa ayah kami tercinta telah meninggal dunia hari ini," ucap anak-anak Hawking, Lucy, Robert dan Tim dalam pernyataan yang dikutip kantor berita Press Association Inggris, seperti dilansir AFP, Rabu (14/3/18).

"Dia seorang ilmuwan yang hebat dan pria luar biasa yang kinerja dan peninggalannya akan hidup untuk bertahun-tahun ke depan," imbuh pernyataan itu.

Belum diketahui pasti penyebab meninggalnya Hawking.

Stephen William Hawking lahir di Oxford, Britania Raya, 8 Januari 1942, adalah seorang ahli fisika teoretis. Ia merupakan seorang profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. 

Ia dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama karena teori-teorinya mengenai teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking. Salah satu tulisannya adalah A Brief History of Time, yang tercantum dalam daftar bestseller di Sunday Times London selama 237 minggu berturut-turut. 

Meskipun mengalami tetraplegia (kelumpuhan) karena sklerosis lateral amiotrofik, karier ilmiahnya terus berlanjut selama lebih dari empat puluh tahun. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar