Jakarta, Indonesia | Thursday, 18-10-2018

NEWS UPDATE

Gempa 6,4 SR Guncang Situbondo Hingga Denpasar

MAR | Kamis,11 Okt 2018 - 10:58:04 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Situbondo, Jawa Timur dan sekitarnya pada Kamis (11/10/2018) dini hari.
 
Dilansir dari situs resmi BMKG, waktu gempa pukul 01:44:57 WIB. Guncangan gempa itu terasa begitu keras hingga Denpasar. Guncangan sempat terjadi beberapa detik. Namun, Gempa ini tidak berpotensi tsunami

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, selain merenggut menewaskan tiga orang di Sumenep, gempa ini juga mengakibatkan kerusakan rumah di beberapa tempat di Jawa Timur. 

Saat ini  BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan lerusakan rumah terdapat di beberapa tempat, antara lain di: Kabupaten Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten/Kota Probolinggo, Kota Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kota Batu, Kabupaten/Kota Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten/Kota Mojokerto

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik.

Sutopo memaparkan, berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan.

"Artinya, gempa dirasakan ringan hingga sedang. Secara umum tidak banyak dampak kerusakan akibat gempa. Hati-hati terhadap gemp bumi susulan yang mungkin terjadi," ujar Sutopo. (MAR/CityPost)




Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar