Jakarta, Indonesia | Thursday, 18-10-2018

NEWS UPDATE

Gempa Berkekuatan 7,0 SR Guncang Papua Nugini

RWS | Kamis,11 Okt 2018 - 13:13:09 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Gempa bumi berkekuatan 7,0 skala richter tengah mengguncang wilayah Papua Nugini, khususnya di New Britain pagi ini. Hal itu diinformasikan oleh US Geological Survey yang mengatakan pusat gempa berada di 125 kilometer, Timur Kimbe dengan kedalaman 40 kilometer.

Sebelum gempa besar terjadi, disebutkan ada gempa tremor 6,2 skala richter yang terjadi. Saat ini Pacific Tsunami Warning sempat menerbitkan peringatan dini tsunami berbahaya untuk wilayah pesisir hingga sejauh 300 km dari pusta gempa. Namun saat ini peringatan itu sudah dicabut kembali.

“Berdasarkan semua data yang tersedia, ancaman tsunami dari gempa bumi ini telah berlalu,” terang lembaga tersebut.

Sementara itu, Asisten Direktur Observatorium Geofisikan Papua Nugini, Chris McKee mengatakan gempa yang terjadi tidak sekuat yang dilaporkan.

“Kami percaya magnitudo itu tidak terlalu, bukan 7,3 seperti yang dilaporkan beberapa laporan dan kedalamannya 50-70 kilometer. Didalam parameter-parameter itu dan pada kedalaman itu, tidak akan tsunami yang muncul, ” terang Chris saat di Port Moresby seperti yang dilansir melalui Channel News Asia.

Hingga kini petugas berwenang masih mencari tahu apakah ada laporan kerusakan dan korban saat gempa itu mengguncang. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar