Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Gerakan Tanam Terumbu Karang Digelar Dihari Pahlawan

Hen | Minggu,11 Nov 2018 - 19:16:26 WIB

Foto ist/WE

Fakfak, CityPost - Gerkan bersama menanam terumbu karang dalam rangka Hari Pahlawan 10 Novermber dan HUT Kota Fakfak yang ke-118, di Kawasan Pantai Reklamasi Fakfak ini merupakan kegiatan yang menjadi tanggung jawab kita bersama, Minggu (11/11/2018).

Dari Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah dan masyarakat serta komponen pemuda melestarikan lingkungan adalah komitmen bersama, kita semua komunitas, LSM, jika berbicara lingkungan adalah bicara tentang tanggung jawab bersama.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Pertanahan Kabupaten Fakfak, Abdul Razak Ibrahim Rengen, SH, M.Si, mengatakan, bahwa pada tahun ini Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, dengan konsep yang ada di dalam berbagai macam data base.

“Ke depannya di dalam gerakan menanam terumbu karang, kita akan bersinergi untuk mengatasi persoalan lingkungan dengan dukungan komunitas dan LSM, betul-betul berkomitmen untuk menjaga kelestarian terumbu karang ini,” ujarnya.

Rengen mengajak komunitas untuk memberi tanggung jawab masing-masing, dan secara triwulan berama-sama akan mengecek apa kah bibit terumbu karang tersebut hidup apa tidak. Dengan begitu masyarakat akan melihat keberadaan komunitas itu bermanfaat atau tidak, tegasnya.

Dalam kelangsungannya tersebut adalah wujud dari Deklarasi kita untuk menyelamatkan lingkungan yang ada dan menjadi pusat aktivitas, maka kelestarian lingkungan, sampah dan lain-lain menjadi tanggung jawab bersama.

Penanaman bibit terumbu karang ini menjadi tanggung jawab dari masing-masing komunitas, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah.

Kabupaten Fakfak sebagai salah satu bagian dari Konservasi Provinsi Papua Barat merupakan  bagian membangun pola gerakan untuk kegiatan konservasi tersebut.

Sambutan Joko Purnomo, Ssos, M.Si, Asisten I Bupati yang mewakili Bupati Fakfak mengatakan, bahwa bupati memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Fakfak, dengan inovasinya telah membuat gebrakan dalam kegiatan yang kita laksabakan pada hari ini di kawasan Pantai Rekkamasi dalam aksi menanam terumbu karang dengan melibatkan komonitas dan LSM yang ada di Fakfak.

“Mengharapkan dengan inovasinya tersebut, kedepannya agar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan beserta jajaranya dapat membuat terobasan baru, bukan hanya melibatkan komonitas dan LSM saja, tetapi juga organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Fakfak,” jelasnya.

“Saya minta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Fakfak dalam gerakan penanaman terumbu karang ini, untuk dibuatkan peta agar mudah untuk mengontrolnya nanti,” sambungnya.

Kepada semua komonitas, organisasi kemasyarakat dan organisasi kepemudaan untuk terus bersama-sama menggerakan menanam terumbu karang. Sehingga kedepannya kegiatan bukan hanya di kawasan Reklamasi ini saja tetapi juga masuk kampung-kampung yang terumbu karangnya telah mengalami kerusakan.

Usai itu dilanjutkan dengan pengikatan bibit terumbu karang secara simbolik oleh Joko Purnomo, S.Sos, M.Si, Asisten I Bupati didampingi Kadis Lingkungan Hidup dan Ketua Barisan merah Putih, Safi Yarkuran, Komunitas Lingkungan Hidup dan LSM. Dilanjutkan dengan penamanan terumbu karang  di sekitar area Pantai Reklamasi dengan kedalaman 5-7 meter.(Hen/ist-fnWE)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar