Jakarta, Indonesia | Wednesday, 12-12-2018

NEWS UPDATE

Green Bank, Kota Paling Tenang di Dunia

AL | Kamis,08 Mar 2018 - 21:05:36 WIB

Kota Green Bank yang terletak di Pocahontas Country, Virginia Barat, Amerika Serikat.foto.ist

Virginia, CityPost - Kota Green Bank yang terletak di Pocahontas Country, Virginia Barat, Amerika Serikat menjadi salah satu tempat hunian paling tenang di muka di dunia karena tidak memiliki sinyal ponsel, tidak ada jaringan internet (WiFi), bahkan tak ada radio dan televisi.

Namun, sebenarnya Green Bank bukan kota yang ketinggalan teknologi, di sinilah tempat berdirinya teleskop radio terbesar di Bumi, bernama The Robert C Byrd Green Bank Telescope (GBT) yang dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. Keberadaan GBT inilah yang mebuat kota ini tak bisa bereaksi dengan sembarang elektromagnetik.

Dilansir dari Amusing Planet, Teleskop radio GBT bekerja dengan mendeteksi gelombang elektromagnetik yang datang dari galaksi lain yang jauh di sana. Teleskop ini sangat sensitif menangkap sinyal. Pembacaan teleskop ini akan terganggu jika ada emisi gelombang radio lain sesamar apapun, termasuk sinyal dari ponsel pintar. Karena itulah, semua ponsel, WiFi, radio, dan perangkat komunikasi lainnya dilarang beroperasi di sini demi alasan tersebut.

Tidak ada radio yang memutar musik di kota ini, tidak ada sinetron dan film diputar di televisi, bahkan mobil yang diperbolehkan hanya yang berbahan bakar bensin.

Wilayah di Green Bank ini disebut The National Radio Quiet Zone, terletak di sekitar pedesaan yang jarang penduduknya di perbatasan Virginia Barat, Virginia, dan Maryland.

Meskipun sangat sepi, ada sekitar 140 orang penduduk yang mau tinggal di kota ini dan tetap hidup bahagia. Di Kota ini, anak-anak tidak terpaku pada layar gawai seperti anak-anak perkotaan lainnya. Mereka benar-benar berbicara satu sama lain, bukan melalui pesan singkat alias SMS. Kakek nenek membuka jendela rumahnya dan saling menyapa tetangga satu sama lain. Jika mereka ingin berbicara dengan seseorang di luar sana, maka ada telepon umum yang dirancang khusus dan jaraknya pun cukup jauh. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar