Jakarta, Indonesia | Friday, 16-11-2018

NEWS UPDATE

Gunung Agung Kembali Meletus, Ada Dentuman Dan Lontaran Api

Hen | Senin,02 Jul 2018 - 22:22:00 WIB

Gunung Agung kembali meletus dengan dentuman dan lontaran api/foto ist

Bali, CityPost – Gunung Agung kembali erupsi pada pukul 21.04 WITA. Hal itu disampaikan oleh pihak PVMBG yang melakukan pemantauan dan pos pengamatan. Kabarnya tinggi kolom abu telihat setinggi 2000 meter dari atas puncak Gunung Agung.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong kearah barat. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi  selama 7 menit 21 detik,” tulis keterangan pihak PVMBG pada Senin (2/7) hari ini.

Menurut laporan PVMBG disebutkan bahwa erupsi terjadi secara strombolin dengan suara dentuman lontaran lava pijar teramati keluar kawah hingga berjarak 2 kilometer.

Dikabarkan saat ini petugas berwenang menetapkan status Siaga atau level III. Untuk itu pihak PVMBG menghimbau masyarakat yang berada disekitar Gunung Agung dan pendaki maupun pengunjung, wisatawan untuk tidak berada atau tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun dizona perkiraan bahaya yakni diseluruh areal didalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

“Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas disekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar diareal puncak,” tegas PVMBG. (Hen/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar