Jakarta, Indonesia | Monday, 24-09-2018

NEWS UPDATE

Gunung Agung Meletus, Lontaran Lava Mencapai 2 km

AL | Senin,02 Jul 2018 - 22:23:34 WIB

Gunung Agung di Karangasem, Bali saat meletus dan mengeluarkan lahar.foto.ist

Karangasem, CityPost - Gunung Agung di Karangasem, Bali meletus pada Senin (2/17) pukul 21.04 WITA meletus. Dalam eterangan resminya Pusat Vulkanologi, Meteorologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. menyatakan letusan tersebut menyebabkan kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak serta melontarkan lava pijar yang keluar dari kawah mencapai jarak 2 kilometer.

Menurut PVMBG, kolom abu yang keluarteramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Letusan itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi sekitar 7 menit 21 detik.

PVMBG meminta agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di zona perkiraan bahaya dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung. Masyarakat yang bermukim dan beraktiitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu dari Gunung Agung juga diminta waspada atas potensi ancaman bahaya berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan, karena area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar