Jakarta, Indonesia | Friday, 25-05-2018

NEWS UPDATE

Gunung Kilauea Terus Merekah Pasca Letusan Pertama

RWS | Rabu,16 Mei 2018 - 18:45:07 WIB

Rekahan Gunung Kilauea di Hawaii/foto ist

CityPost – Pasca letusan pertama dan kedua, Gunung Api Kilauea yang berada di Kepulauan Besar Hawaii dikabarkan terus melahirkan letusan susulan. Bahkan dilaporkan saat ini muncul rekahan baru yang terbentuk ditengah letusan yang diseburkannya.

Petugas berwenang melaporkan saat ini rekahan yang ke sembilan muncul pada Senin (14/5) lalu di wilayah Subdivisi Taman Lanipuna Gardens. Sementara ini, wilayah tersebut telah dikosongkan dan sejumlah pejabat pertahanan sipil juga telah mengeluarkan peringatan akan terjadinya semburan gas vulkanik dan erupsi aktif dari rekahan baru tersebut.

Diketahui, letusan Kilauea pertama kali terjadi pada awal bulan, erupsi tersebut tengah menghancurkan puluhan bangunan yang ada di Hawaii. Setelah itu Gunung Api itu terus mengeluarkan letusan-letusan lainnya yang diiringi oleh rekahan yang juga bermunculan.

Sebelumnya pada puluhan tahun silam, Klauea pernah mengubur satu wilayah seluar 125 kilometer pasca letusan dan aliran lahar mengalir kekawasan tersebut. Sementara itu, dari Survei Geologi AS, para peneliti saat ini tidak bisa memprediksi sampai kapan Gunung Kilauea akan terus meletus. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar