Jakarta, Indonesia | Monday, 20-08-2018

NEWS UPDATE

Guterres Mendaulat Bachelet Menjadi Ketua HAM PBB

RWS | Jumat,10 Agus 2018 - 06:36:35 WIB

Mantan Presiden Chile Michelle Bachelet/foto ist

CityPost – Mantan Presiden Chile Michelle Bachelet saat ini tengah dipilih dan didaulat oleh Sekjen PBB Antonio Guterres sebagai Ketua HAM PBB yang baru. Saat ini profile dan rekam jejak Buchelet sudah dikirmkan ke Majelis Umum untuk mendapatkan persetujuan 193 negara anggota di PBB.

Melansir Associated Press, tugas baru akan dihadapi oleh Buchelet terkait tugas besar yang kerap menuai kontroversial dan kritik dari pemerintah yang ditargetkan karena pelanggaran HAM.

Sementara itu, menanggapi piliha Guterres, Ketua Majelis Umum PBB, Miroslav Lajcak dikabarkan tengah menindaklanjuti hal itu dengan berkirim surat kepada Duta Besar PBB yang kabarnya akan melakukan pertemuan pada Jumat (10/8) pagi untuk melaksanakan proses pemungutan suara atas pencalonan Buchelet.

Diketahui, Michelle Bachelet merupakan sosok wanita pertama yang pernah menjadi Presiden Chile untuk periode 2006-2010. Saat dia menjabat sebagai presiden, Sekjen PBB masih dijabat oleh Ban Ki-moon. Ki-moon lah yang pertama meminta Buchelet menjadi ketua UN Women, sebuah badan PBB yang dibentuk pada Juli 2010 oleh Majelis Umum untuk menggabungkan empat badan PBB sekaligus dalam menangani kesetaraan gender dan kemajuan perempuan dibawah satu atap.

Nantinya, jika Buchelet terpilih maka dia akan menggantikan Zeid Ra`ad Al-Hussein, seorang diplomat asal Yordania yang akan mengakhiri jabatannya pada 31 Agustus mendatang. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar