Jakarta, Indonesia | Tuesday, 11-12-2018

NEWS UPDATE

Harmonisasi Duo Korea, Korsel Rencanakan Cabut Sanksi Korut

RWS | Kamis,11 Okt 2018 - 13:08:46 WIB

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In (kanan)/foto ist

CityPost -  Perbaikan harmonisasi hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan semakin mengental dan menguat. Kedua negara itu mulai memberikan atensi dan perhatian mereka satu sama lainnya.

Bahkan, saat ini dikabarkan, Korea Selatan tengah mempertimbangkan pencabutan sejumlah sanksi terhadap Korea Utara agar bisa menciptakan momentum yang lebih besar lagi bagi penciptaan diplomasi yang akan ditujukan sebagai bentuk perbaikan hubungan dalam meredakan krisis nuklir.

Disebutkan, dalam sebuah audit parlemen terhadap kementeriannya. Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha menyampaikan bahwa pemerintahannya tengah melakukan evaluasi  terkait rencana pencabutan sejumlah sanksi-sanksi Korea Selatan yang selama ini diberlakukan terhadap Korea Utara sejak 2010 lalu.

Diketahui, sejak 2010. Korea Selatan menghentikan semua kerjasama ekonomi lintas perbatasan kecuali kawasan industri kedua Korea di Kaesong, sebuah kota perbatasan yang ada di Korea Utara. Kawasan industri Kaesong kemudian ditutup pada Februari 2016 usai Korea Utara melangsungkan uji nuklir dan peluncuran roket jarak jauh hingga memicu penetapan sanksi Korea Selatan yang dikenal dengan Sanksi 24 Mei 2010. Sanksi itu juga melarang pihak Korea Utara untuk menggunakan jalur-jalur pengapalan diwilayah Korea Selatan.

Kendati demikian, banyak pihak menyebutkan pencabutan sanksi sepihak yang akan dilakukan oleh Korea Selatan bisa memberi dampak terhadap sanksi-sanksi internasional pimpinan Amerika Serikat yang hingga kini masih diberlakukan. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar