Jakarta, Indonesia | Saturday, 17-11-2018

NEWS UPDATE

Hujan di Padang Tinggalkan 550 Ton Sampah

AL | Kamis,15 Feb 2018 - 18:38:57 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Padang, CityPost - Pemerintah Kota Padang kerap menghadapi masalah sampah bila hujan deras mengguyur kota selama lebih dari lima jam. Seperti yang terjadi pada Rabu (14/2) saat hujan deras melanda seluruh bagian Kota Padang sejak sore hingga Kamis (15/2) dini hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin mengatakan, akibat hujan seharian itu, sampah rumah tangga dari daerah hulu sungai terbawa ke muara sungai dan mengendap di bibir pantai. Ia memperkirakan, setelah hujan deras yang menyebabkan banjir di sejumlah titik semalam, sebanyak 550 ton sampah harus diangkut oleh petugas kebersihan. 

"Sampah kebanyak itu tersebar tak hanya di sepanjang Pantai Padang dan Muaro Lasak, tetapi juga titik lain di beberapa sungai besar dan drainase-drainase kota," ujarnya di Padang, Sumatera Barat, Kamis (15/2/18).

Amin menuturkan, semua sampah akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin, Kota Padang baik sampah yang diolah, didaur ulang, atau diproduksi untuk kompos. Ia mengaku tidak menambah jumlah petugas kebersihan di lapangan meski volume sampah meningkat setiap kali hujan turun,

"Kita maksimalkan saja yang ada," katanya.

Amin menyebutkan, berdasarkan catatan Pemerintah Kota Padang, sebanyak 300 ton sampah sudah diangkut ke TPA Aia Dingin pada Kamis (15/2) siang. Angka ini diperkirakan terus bertambah mengingat periode hujan yang cukup lama semalam membuat volume air di sungai-sungai besar di padang meningkat. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar