Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

IAI : Masyarakat Jangan Sembarangan Minum Obat

AL | Selasa,26 Sept 2017 - 10:47:44 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Nurul Falah Edi Pariang mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan minum obat yang tidak dibeli di apotek untuk menghindari terjadinya kasus penyalahgunaan obat PCC (paracetamol-caffein-carisoprodol) seperti di Kendari, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu.

Nurul Falah dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menganjurkan masyarakat memiliki apotek yang biasa menjadi tempat membeli obat bagi keluarga dan bisa diakses dalam 24 jam.

"Jangan sembarangan minum obat, masyarakat memiliki apotek yang biasa menjadi tempat membeli obat bagi keluarga dan bisa diakses dalam 24 jam," katanya dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (26/9/17).

Nurul juga mengimbau agar masyarakat tidak menerima obat yang dibagi-bagikan secara gratis untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Ia menambahkan, PP IAI menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya kejadian luar biasa PCC di Kendari Sulawesi Tenggara. PP IAI juga mengapresiasi kerja keras dan profesionalisme Polri yang menemukan dan membongkar produsen besar dan jaringan distribusi PCC di berbagai kota di Indonesia, seperti di Makassar, Bintan, Cimahi, Purwokerto, dan Surabaya, serta keberhasilan Polri dalam membongkar kasus penjualan obat keras ilegal dan tanpa resep Tramadol di Kendari.

Menurut Nurul, peredaran dan penyalahgunaan tablet PCC tidak didapat dari apotek melainkan dari lingkungan. 

"Kjadian penyalahgunaan tablet PCC yang dilakukan oleh anak-anak dan mengakibatkan jatuhnya korban sebanyak 76 anak dan satu di antaranya meninggal dunia tidak ada kaitan dengan penahanan apoteker di Kendari," pungkasnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar