Jakarta, Indonesia | Friday, 25-05-2018

NEWS UPDATE

Indonesia Adakan Asian Festival 2018 di Bulgaria

GRY | Senin,14 Mei 2018 - 21:37:58 WIB

Indonesia Adakan Asian Festival 2018 di Bulgaria.foto.ist

Sofia, CityPost - Indonesia terus berpromosi untuk menarik wisatawan mancanegara. KBRI Sofia di Bulgaria pun mengadakan Asian Festival 2018 yang dihadiri oleh Presiden Bulgaria.

Asian Festival 2018 merupakan kegiatan tahun kedua yang diadakan oleh KBRI Sofia. Festival ini tak hanya memperkenalkan Indonesia tapi juganegara Asia lain.

Dalam rilis KBRI Sofia, Senin (14/5/18) acara ini berlangsung Sabtu (12/5/18) pukul 10.00-20.00 waktu setempat di taman terbesar Kota Sofia, Borisiva Garden. Di festival ini, para pengunjung dapat menikmati acara demo masak Asia, workshop dan games untuk anak-anak.

Dengan mengusung tema The Colour of traditions, festival ini dimulai dengan iring-iringan penari Bedoyo Lanang Indonesia diikuti oleh rombongan Presiden Bulgaria, duta besar para pejabat pemerintah setempat, serta wakil dari berbagai negara peserta dengan kostum yang menarik dan bendera masing-masing negara.

Adapun negara-negara Asia yang ikut berpartisipasi dalam acara ini adalah Indonesia, India, China, Thailand, Vietnam, Iran, Korea Selatan, Kuwait, Palestina, Saudi Arabia, Pakistan, Filipina, Jepang, dan Mongolia.

Setelah melakukan iring-iringan, Presiden Bulgaria dan para kepala perwakilan diplomatik negara melepaskan merpati putih sebagai tanda dibukanya Festival Asian 2018. Merpati putih adalah lambang dengan tujuan perdamaian dan kebaikan dunia.

Dalam sambutannya, Presiden Bulgaria, Rumen Radev, menyampaikan negaranya menaruh perhatian penting pada isu kebudayaan selain pada isu politik dan ekonomi. Pihaknya mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan Asian Festival mengingat Asia adalah partner penting Bulgaria.

Duta Besar RI Sofia, Sri Astari Rasjid, sebagai inisiator kegiatan Asian Festival 2018 menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk mempererat persahabatan dan menyatukan komunitas negara-negara Asia di Bulgaria. Selain membawa Asia lebih dekat ke Bulgaria, diharapkan terbuka peluang kerjasama yang lebih besar di bidang kebudayaan, pariwisata dan perdagangan.

Mereka sangat antusias dan kagum melihat berbagai pertunjukan budaya hingga berdesak-desakan di depan panggung utama sepanjang hari. Ragam penampilan di panggung antara lain adalah Muay Thai, K-pop, tari India, musik Bangladesh, instrumen musik Iran, dan lain-lain. Layar besar LED menampilkan berbagai background yang berbeda untuk penampilan budaya di atas panggung.

Booth Indonesia dibuat menarik dengan diapit dua barong besar dan dihias dengan payung tradisional serta umbul-umbul. Di booth Indonesia dijual berbagai produk nusantara seperti saos, kecap, mie, souvenir, serta kain batik, serta ditampilkan berbagai display promosi nusantara. Kuliner Indonesia seperti nasi kuning, pisang molen, mie goreng, dadar gulung, risol laris manis ludes diserbu masyarakat sebelum acara selesai.

Indonesia sendiri menampilkan berbagai pertunjukan budaya mulai dari tari Bedoyo Lanang, Gambyong, Cakil, Klono Topeng, Legong, Kinan Kilaras, serta drama tari fashion show Joko Tarub karya designer Batik Solo.

Tarian ini ditarikan oleh mahasiswa-mahasiswi Bulgaria serta group tari Indonesia dari Serbia. Di tempat workshop anak-anak setempat antusias mengikuti pelajaran membatik serta bermain congklak. Dubes RI Sofia juga mengadakan acara lukis bersama anak-anak.

Selain itu Chef KBRI mengadakan acara demo masak mie goreng dan sate ayam. Sementara dalam kegiatan ini, Indonesia berhasil mendorong negara-negara Asia lainnya untuk juga turut mempromosikan Asian Games ke-18 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang-Indonesia.

Bhin-bhin si Badak, Atung si Rusa dan Ika si Burung, tiga binatang lucu yang menjadi maskot Asian Games 2018, hadir langsung dalam rangkaian kegiatan Asian Festival 2018 untuk menghibur seluruh
pengunjung. Ketiga binatang ini sangat dicintai anak-anak dan pengunjung yang hadir. Mereka kerap diajak berfoto bersama dan dipeluk oleh pengunjung.

Sekitar 22 orang atlet putra-putri dan pelatih Tim Nasional Gulat Indonesia yang sedang berlatih di Bulgaria dalam persiapan Asian Games juga hadir memeriahkan acara Asian Festival ini, mulai dari acara pembukaan dan demonstrasi gulat pada acara Asian Festival 2018, serta pada acara parade negara-negara peserta sehari sebelumnya.

Diharapkan dengan promosi terpadu pariwisata, budaya, dan Asian Games 2018 akan semakin banyak masyarakat setempat yang jatuh cinta dengan Indonesia dan berkunjung ke Indonesia. Melalui kegiatan Asian Festival 2018 ini, Indonesia sukses menunjukkan kepemimpinannya di bidang kebudayaan kepada negara lainnya di Bulgaria. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar