Jakarta, Indonesia | Saturday, 17-11-2018

NEWS UPDATE

Indonesia Gagas KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia

AL | Senin,09 Apr 2018 - 14:40:50 WIB

Din Syamsuddin.foto.ist

Jakarta, CityPost - Indonesia mengagas Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia dan menjadi program Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban untuk mengembangkan dan mempromosikan konsep wasatiyat Islam. Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban, Din Syamsuddin pada Senin (9/4/18) mengatakan, KTT ini akan membahas wasatiyat Islam atau Islam jalan tengah.

Din mengatakan, KTT tersebut akan dihadiri sekitar 100 peserta yang berasal dari kalangan ulama dan cendekiawan Muslim dari seluruh dunia. Ada lebih dari 50 ulama dan cendekiawan Muslim dari luar negeri yang diundan ke KTT ini. Adapun beberapa ulama dari luar negeri yang sudah memastikan untuk hadir, antara lain Syekh Besar Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir Prof Ahmad Muhammad Ath-Thayyib dan Presiden Forum Promosi Perdamaian Masyarakat Muslim Prof Abdullah bin Bayyah yang juga Presiden Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional

"Sesuai dengan namanya, Konsultasi Tingkat Tinggi ini akan mengundang sejumlah ulama dan cendekiawan Muslim tingkat tinggi dunia untuk membahas wasatiyat Islam mulai dari konsep hingga pelaksanaannya," ujarnya.

Din menuturkan, selama ini sudah banyak konsep dalam berbagai buku dan kitab tafsir tentang Islam sebagai jalan tengah, karena itulah ia berharap pembahasan dalam KTT tersebut bisa mengerucutkan konsep watasiyat Islam menjadi sebuah kriteria untuk peradaban utama Islam

"Kami berharap konsep watasiyat Islam bisa menjadi ciri dan identitas umat Islam di tingkat nasional masing-masing negara maupun di tingkat global," tutupnya. (red/ist).


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar