Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Indonesia Ikut KTT One Planet di Paris

AL | Selasa,12 Des 2017 - 00:49:36 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Pemerintah Indonesia diwakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Satu Planet (One Planet Summit) yang berlangsung di Paris, Prancis pada 12 Desember 2017.

Siaran pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta menejelasakan, KTT itu digagas oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memperkuat tekad dan komitmen terhadap Kesepakatan Paris (Paris Agreement) tentang perubahan iklim. 

Kehadiran Pemerintah Indonesia dalam "One Planet Summit" akan makin menegaskan mendorong penyelesaian proses perundingan, prosedur, dan pedoman operasional Paris Agreement. Dalam KTT tersebut, perwakilan Pemerintah RI juga akan menyampaikan capaian dan tingkat kemajuan upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia. 

KTT One Planet pada pertemuan tingkat menteri ini akan membahas beberapa topik, yaitu peningkatan pembiayaan untuk tindakan pengendalian perubahan iklim, keuangan berbasis ekonomi hijau untuk bisnis yang berkelanjutan, percepatan tindakan pengendalian perubahan iklim lokal dan regional, penguatan kebijakan untuk transisi ekologis dan inklusif.

KTT One Planet juga diharapkan dapat menindaklanjuti komitmen Paris Agreement atau Kesepakatan Paris untuk mewujudkan pembiayaan atas aksi pengendalian perubahan iklim, perluasan alat keuangan yang efektif, sekaligus memperkenalkan berbagai proyek terkait ekonomi rendah karbon dan tahan iklim.

Paris Agreement adalah perjanjian dalam kerangka PBB (UNFCCC) mengenai mitigasi emisi gas rumah kaca, adaptasi, dan keuangan, yang diharapkan mulai berlaku pada 2020 mendatang. Kesepakatan dalam perjanjian itu dinegosiasikan oleh 195 negara pada Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-21 di Paris, Prancis, pada 2015 lalu dan kemudian ditandatangani pada peringatan Hari Bumi pada 22 April 2016 di New York, Amerika Serikat. Indonesia merupakan salah satu negara yang menandatangani perjanjian itu. 

Hingga Maret 2017, tercatat 194 negara telah menandatangani Paris Agreement, dan sebanyak 141 negara telah meratifikasi perjanjian tersebut. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar