Jakarta, Indonesia | Thursday, 13-12-2018

NEWS UPDATE

Indonesia Perlu Standar Layanan Medis Nasional

RWS | Jumat,15 Sept 2017 - 08:59:10 WIB

Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) Marius Widjajarta/ foto ist.

Jakarta, CityPost – Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) Marius Widjajarta menyatakan dalam tayangan acara Indonesia Lawyers Club di TV One pada Rabu (13/9) lalu, bahwa kasus Debora agar tidak terulang maka Indonesia harus memiliki Standar Layanan Medis berskala Nasional.

Menanggapi kasus Debora, Marius mengatakan tentunya tidak terlepas dari buruknya manajemen rumah sakit yang bersangkutan. Pasalnya menurut Marius dari sisi dokter yang menangani medis bayi Debora sepertinya sudah sesuai prosedur yang dilakukan dalam layanan IGD sebuah Rumah Sakit.

Sementara itu, dari keterangan orangtua Debora, Henry. Dikatakan Marius melihat sudah ada tawar menawar yang dilakukan oleh pihak rumah sakit. Hal itu sudah masuk pada ranah pelayanan rumah sakit.

“ini semua kemungkinan manajemen rumah sakit yang tidak benar, karena dokter biasanya kasih rekomendasi dan pertimbangan medis, setelah itu terlihat ada tawar menawar dari 19 juta jadi 11 juta rupiah,” tegasnya.

Manurut Marius, Indonesia saat ini perlu melihat aturan dunia pasalnya WHO sudah melihat adanya perubahan dari Charity ke Komersil. Untuk menghindari kasus serupa seperti Debora pemerintah harus mengambil sikap dan segera membuat panduan atau standar pelayanan kesehatan nasional yang nantinya bisa diterapkan seluruh Rumah Sakit di Indonesia.

“Dari standar tersebut nantinya bisa diketahui ada pelanggaran atau tidak dan unit costnya juga bisa ditentukan kejelasannya dan orang bisa selamat di rumah sakit,” terangnya. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar