Jakarta, Indonesia | Monday, 20-08-2018

NEWS UPDATE

Israel Tegaskan Bakal Terus Menyerang Suriah

RWS | Senin,12 Feb 2018 - 08:13:53 WIB

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu/ foto ist.

CityPost – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan hingga kini pihaknya akan tetap teguh untuk mempertahankan diri dari ancaman Iran yang datang melalui Suriah. Pihaknya ditengarai akan terus melakukan serangan diwilayah tersebut.

Netanyahu mengatakan pembelaan diri merupakan sebuah hak dan kewajiban dari setiap agresi yang datang ke negaranya.

“Saya tegaskan kepada Putin, adalah hak dan kewajiban untuk membela diri akan agresi kepada kami dari wilayah Suriah. Kami sepakat kordinasi keamanan militer kami akan diteruskan,” ujar Netanyahu.

Netanyahu saat ini menganggap ada peringatan bahaya dari militer Iran di Suriah, dia juga menuding Iran menggunakan kawasan Suriah untuk menyerang Israel dengan tujuan untuk menghancurkan negaranya.

Kendati demikian, Netanyahu menegaskan pihaknya akan terus melawan serangan demi serangan yang dilancarkan Iran kepada negaranya.

Sementara itu, terkait operasi militer yang dilakukannya. Netanyahu mengaku telah membicarakan masalah tersebut kepada Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson kendati apa yang dilakukannya bisa memperburuk keadaan di Suriah.

Melalui Netanyahu, Rex mengatakan As tengah mendukung Israel untuk melaksanakan hak mereka dalam mempertahankan diri dari setiap serangan yang akan menghancurkan negaranya.

“Eskalasi ancaman dan ambisi Iran untuk memproyeksikan kekuatan dan dominasinya, memberikan resiko kepada semua orang, mulai dari Yaman hingga Lebanon,” ujar Juru Bicara Kemenlu AS Heather Nauert.

Diketahui, serangan yang dilakukan Israel ke Suriah merupakan serangan balasan pasca Jet Tempur F-16 mereka jatuh diwilayah utara yang diduga telah ditembak oleh Pasukan Suriah yang didukung oleh Iran.

Serangan balasan Israel inilah yang kemudian memunculkan pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang langsung meminta pihak Israel agar tidak memperburuk suasana konflik di Suriah. Putin juga meminta Israel untuk menghindari langkah yang akan membuka konflik baru dikawasan tersebut. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar