Jakarta, Indonesia | Friday, 14-12-2018

NEWS UPDATE

ITS Siapkan Kapal Baru Untuk Kompetisi Robot di AS

AL | Rabu,06 Jun 2018 - 12:42:47 WIB

Barunastra, tim robot kapal cepat tanpa awak dari ITS.foto.ist

Surabaya, CityPost - Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sedang mempersiapkan kapal tanpa awak bernama Nala Heroes, untuk bertanding dalam 11th Annual International Roboboat Competition yaang rencananya digelar pada 18-24 Juni 2018 di Florida, Amerika Serikat (AS).

Ini bukanlah pertama kalinya Tim Barunastra ITS ikut berpartisipasi dalam kompetisi robot tingkat internasional ini, Pada tahun 2017, Tim Barunastra ITS juga berpartisipasi di ajang yang sama dan meraih juara 4. Sebelumnya, pada tahun 2016, Tim Barunastra ITS juga meraih juara 3 serta Savitsky Award for Speed and Maneuveribility pada ajang yang sama.

Ketua Tim Barunastra ITS, Kahlif Aji mengatakan, timnya selalu melakukan pengembangan dari kapal-kapal sebelumnya. Nala Heroes yang dilombakan kali ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendahulunya, Nala VS.

"Di antaranya pada sistem mekanik propulsi, elektronik, juga programnya," kata mahasiswa yang biasa disapa Aji ini dalam siaran persnya, Selasa (5/5/18).

Aji menuturkan, ia bersama tim membutuhkan waktu setidaknya enam bulan untuk membuat Nala Heroes ini agar siap berlaga di AS. Hingga saat ini, anggota tim fokus dalam mempersiapkan mental juga fisik untuk kompetisi dua minggu mendatang. Simulasi lomba pun rutin dilaksanakan di Danau Delapan ITS dengan harapan kapal siap secara maksimal. Secara teknis, perlombaan ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Trial dan kualifikasi di beberapa hari pertama serta final di hari terakhir.

"Maka, demi persiapan yang lebih matang, tim Barunastra ITS memutuskan untuk tiba setidaknya lima hari sebelum perlombaan," ujar mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini.

Aji menjelaskan, Nala Heroes atau kapal autonomous yang sudah diprogram sejak awal ini dipersiapkan untuk menyelesaikan lima misi dengan menggunakan berbagai macam sensor.

"Ada SRF yang berguna sebagai sensor jarak, kamera untuk menangkap gambar sekitar, serta digunakan dua buah GPS untuk hasil navigasi yang lebih akurat," sebutnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar