Jakarta, Indonesia | Sunday, 19-08-2018

NEWS UPDATE

Jembatan Timbang Jawa-Sumatera Akan Beroperasi 1 Oktober

Hen | Jumat,22 Sept 2017 - 05:20:57 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Plt Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto menyampaikan jembatan timbang Sumatera-Jawa akan mulai dioperasikan pada 1 Oktober hingga 3 Desember 2017 mendatang sebagai pilot project.

Sedangkan untuk pengoperasionalan jembatan, Pandu mengatakan diserahkan kepada pihak ketiga agar fungsi utama jembatan timbang bisa dikembalikan  sebagai unit pengawas.

Terkait wilayah yang akan digunakan, Pandu menerangkan UPPKB yang akan dijadikan lokasi pengelolaan oleh pihak ketiga, untuk wilayah Sumatera ada di Seumadam Aceh, Sarolangun Jambi dan Senawar Jaya Musi Banyuasin. Sedangkan untuk wilayah Jawa ada di Losarang Indramayu, Wanareja Cilacap, Widang Tuban dan Widodaren Ngawi.

Nantinya, menurut Pandu. Pihak ketiga akan berperan menyiapkan operator pengawasan dan pencatatan, menyiapkan prosedur standar pelaksanaan pilot project, serta kajian dalam rangka perbaikan operasional UPPKB. Termasuk juga terkait pencatatan dugaan pelanggaran yang nantinya akan ditindak lanjuti.

“Selanjutnya pelanggaran dimensi kendaraan, mutu sumbu terberat terhadap kelas jalan dan persyaratan teknis dan layak jalan. Jenis penindakan itu sendiri dengan tilang dan pelarangan untuk meneruskan perjalanan dan menyita tanda bukti lulus uji,” ujarnya. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar