Jakarta, Indonesia | Thursday, 21-06-2018

NEWS UPDATE

Jepang Akan Punya Gedung Pencakar Langit Dari Kayu

AL | Selasa,20 Feb 2018 - 18:33:30 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Tokyo, CityPost - Perusahaan produk kayu Jepang, Sumitomo Forestry Co telah mengajukan usulan untuk membangun gedung pencakar langit dari kayu di Tokyo, Jepang.

Menara dengan tinggi 350 meter dan memiliki 70 lantai ini dibangun sebagai bentuk perayaan ulang tahun Sumitomo Forestry ke 350 pada 2041 mendatang.

Sebenarnya, pemerintah Jepang telah lama mempromosikan keuntungan dari bangunan kayu dan telah mengeluarkan undang-undang yang mewajibkan setiap bangunan menggunakan bahan kayu termasuk bangunan umum yang memiliki tiga lantai dan di bawahnya pada 2010 lalu.

Dilansir dari Guardian, Sumitomo Forestry menjelaskan, gedung baru yang dikenal dengan Proyek W350 ini adalah contoh pembangunan perkotaan yang baik untuk manusia. Salah satunya dengan membuat arsitektur bertingkat tinggi yang terbuat dari kayu dan ditutup dengan tanaman hijau dan membuat kota seolah sebagai hutan.

Nantinya, sebagian besar material bangunan baru ini akan terbuat dari kayu dengan komposisi baja hanya 10 persen. Sedangkan, kerangka dalam, balok, serta kawat terbuat dari hibrida dua bahan dan akan memperhitungkan tingkat aktivitas seismik Jepang yang tinggi. 

Sumitomo Forestry menyebut perusahaan arsitektur yang berbasis di Tokyo Nikken Sekkeri jug akan memberikan kontribusi untuk desainnya.

Total biaya konstruksi untuk pembangunan menara dari kayu itu diperkirakan mencapai Rp 76 triliun, hampir dua kali biaya dari bangunan bertingkat konvensional. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar