Jakarta, Indonesia | Saturday, 17-11-2018

NEWS UPDATE

Kaliandra Berpotensi Jadi Bahan Bakar Ramah Lingkungan

AL | Jumat,03 Nov 2017 - 16:26:53 WIB

Kaliandra merah (calliandra calothyrsus).foto.ist

Padang, CityPost - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendorong masyarakat setempat untuk memanfaatkan hutan sebagai lumbung energi dengan menanam tanaman Kaliandra yang berpotensi menjadi bahan bakar ramah lingkungan.

"Potensi tanaman Kaliandra ini sangat besar. Selain sebagai sumber energi, juga bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat," kata Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Hendri Octavia di Padang, Jumat (3/11/17).

Henri menjelaskan, Kaliandra merupakan tanaman perdu yang mempunyai batang berkayu, bertajuk lebat, dapat mencapai tinggi hingga 45 meter dan mempunyai perakaran yang dalam hingga 1,5 meter sampai 2 meter. Tanaman ini juga mampu tumbuh di semua jenis tanah, tahan pangkasan, cepat bersemi dan lebat. Sistem perakaran tanaman Kaliandra dapat membentuk bintil akar yang dapat menyerap nitrogen dan menjadikan tanah subur. Salah satu jenis Kaliandra yang paling dikenal adalah jenis Kaliandra merah (calliandra calothyrsus).

"Daun tanaman Kaliandra juga sangat baik untuk ternak hewan karena mengandung protein yang tinggi hingga bagus untuk meningkatkan produktifitas hewan ternak," ujarnya.

Kayu tanaman Kaliandra juga bisa digunakan untuk kayu bakar, namun uniknya tidak mengeluarkan asap saat dibakar. Hendri mengatakan,  kayu Kaliandra memiliki berat jenis antara 0,5 - 0,8 dan dapat menghasilkan panas sebanyak 4200 kkal/kilogram sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku pelet kayu, ini adalah bahan bakar berbasis biomassa yang lebih ramah lingkungan dari batu bara.

"Jadi masyarakat dapat menjadikan tanaman Kaliandra ini sebagai pundi-pundi uang," imbuhnya.

Hendri menambahkan budi daya tanaman kaliandra juga mudah, dimulai dari pembibitan, dan penanaman.

Bibit kaliandra dapat diperoleh dengan mendapatkan bibit unggul atau dengan memotong-motong tanaman kaliandra yang sudah tua dan sehat dengan ukuran panjang kurang lebih 20-30 cm.

Sedangkan proses tanam kaliandra hanya dengan menancapkannya pada tanah tanpa harus menggemburkan tanah terlebih dahulu.

Panen tanaman Kaliandra untuk daun dan buah bisa dilakukan setelah usia tanaman mencapai satu tahun. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar